323 Jemaah Haji Asal Mesir Meninggal Dunia Akibat Cuaca Panas

19 June 2024 - 19:00 WIB
AFP

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Sebanyak 323 jemaah haji asal Mesir dilaporkan meninggal dunia saat menjalankan ibadah di Tanah Suci akibat cuaca panas. Angka tersebut dihitung berdasarkan data kamar mayat di rumah sakit di lingkungan Al-Muaisem di Makkah.

"Semuanya meninggal karena kepanasan, kecuali satu orang yang menderita luka fatal dalam kerumunan kecil," ujar salah seorang diplomat Arab kepada AFP, Rabu (19/6/24).

Selain Mesir, 60 warga Yordania yang tengah berhaji pun dilaporkan meninggal. Negara lain juga melaporkan banyak kematian selama haji tahun ini termasuk Indonesia, Iran dan Senegal.

Susim haji di Arab Saudi dilanda panas ekstrem dengan suhu berkisar antara 45 sampai 48 derajat Celsius. Otoritas Saudi mengimbau jemaah untuk mematuhi pedoman kesehatan yang telah ditetapkan.

Jemaah diimbau membawa payung guna menghindari paparan langsung sinar matahari, minum air dalam jumlah yang cukup, serta beristirahat di antara ibadah agar tak kelelahan.

Kementerian Kesehatan Saudi juga menginstruksikan jemaah menggunakan alat penyiram air kecil guna mendinginkan wajah di suhu tinggi.

(rz/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment