Polisi Tangkap Ketua KNPB yang Diduga Dalang Kerusuhan di Dogiyai Papua

23 November 2022 - 17:35 WIB
Foto : Kompas

Tribratanews.polri.go.id - Papua. Personel gabungan berhasil menangkap terduga pelaku utama dibalik kerusuhan di Dogiyai, Papua Tengah. Pelaku berinisial SG merupakan Ketua Komite Nasional Papua Barat (KPNB), wilayah Dogiyai yang terjadi pada, Sabtu (12/11) lalu. 

Kabid Humas Polda Papua, Kombes. Pol. Drs. Ahmad Mustofa Kamal, S.H., mengatakan SG ditangkap saat sedang mengisi bensin di SPBU Moanemani, Dogiyai, pada Selasa (22/11) sekitar pukul 10.25 WIT.

"Tadi pagi kami mengamankan Ketua KNPB Wilayah Dogiyai atas nama SG untuk dimintai keterangan terkait kasus laka lantas berujung kerusuhan,” jelas Kabid Humas.

Perwira menengah tersebut menerangkan penangkapan terhadap SG dilakukan usai aparat menerima informasi soal keberadaan yang bersangkutan.

Baca Juga : Polri Akan Bangun 4 Polda Baru Hasil Pemekaran Provinsi Papua

Usai dilakukan penangkapan SG langsung dibawa ke Kabupaten Nabire untuk diperiksa. Langkah ini dilakukan guna menjaga situasi kamtibmas di Kabupaten Dogiyai tetap kondusif, jelas Kabid Humas.

"Saat ini SG sudah dibawa ke Nabire untuk dimintai keterangan lebih lanjut, dengan di kawal oleh aparat gabungan Polres Dogiyai dan Satgas Damai Cartenz," jelas Kabid Humas seperti dilansir laman CNNIndonesia.com. 

Selanjutnya, Kabid Humas mengatakan pihaknya akan melakukan penegakan hukum terhadap pihak-pihak yang terlibat kekerasan di Dogiyai.

Sebagai informasi, diketahui kerusuhan terjadi di Kabupaten Dogiyai, Papua pada 12 November. Kerusuhan ini dipicu oleh insiden sebuah truk yang menabrak Noldi Goo, balita berusia lima tahun hingga meninggal dunia.

Akibatnya warga marah dam melakukan pembakaran, awal mula mereka membakar dua truk, termasuk truk yang menabrak korban. Namun, warga kemudian juga membakar rumah hinggan bangunan perkantoran.

(fa/hn/um)


Share this post

Sign in to leave a comment