Polri Akan Bangun 4 Polda Baru Hasil Pemekaran Provinsi Papua

23 November 2022 - 17:22 WIB
Foto : Tribun

Tribratanews.polri.go.id - Pabar. Polri tengah mempersiapkan dibentuknya Kepolisian Daerah (Polda) menyusul terbentuknya empat provinsi baru di Papua dan Papua Barat. 

Keempat provinsi baru tersebut terdiri dari Papua Barat Daya, Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

Asisten Bidang Operasi (Asops) Kapolri, Irjen. Pol. Agung Setya Imam Effendi, S.H., S.I.K., M.Si., mengungkapkan Polri sedang memproses pembentukan Polda baru tersebut. 

"Pembentukan Polda baru ada mekanismenya dan itu sedang berproses," jelas Jenderal Bintang dua seperti dilansir dari Tribunnews, Minggu (20/11/22).

Mantan Kapolda Riau ini mengungkapkan bahwa keempat provinsi yang baru resmi terbentuk masih berada dalam kendali Polda Papua dan Polda Pabar. Sejauh ini pelayanan di kedua Polda tersebut masih berjalan dengan baik, meskipun tetap ada kendala. 

Sebagai informasi, Provinsi Papua Barat Daya mencakup Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, Raja Ampat, Tambrauw, dan Maybrat. Rencananya, Kota Sorong akan menjadi ibu kota dari provinsi pemekaran dari Papua Barat.

Baca Juga : Pelayanan Program Keladi Sagu Terus Digencarkan

Untuk Provinsi Papua Selatan mencakup Kabupaten Merauke, Mappi, Asmat, dan Boven Digoel. 

Provinsi Papua Tengah terdiri dari Nabire, Paniai, Mimika, Dogiyai, Deyiai, Intan Jaya, Puncak, dan Kabupaten Puncak Jaya.

Terakhir provinsi Papua Pegunungan mencakup Jayawijaya, Lanny Jaya, Mamberamo Tengah, Nduga, Tolikara, Yahukimo, Yalimo, dan Pegunungan Bintang.

(fa/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment