Pekan Depan, Ditlantas Polda Metro Jaya Akan Luncurkan E-TLE Mobile

7 December 2022 - 10:58 WIB
Foto : jakarta.suara.com

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Polda Metro Jaya akan meluncurkan Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) mobile pada pekan depan, Selasa, 13 Desember 2022.

Dirlantas Metro Jaya, Kombes Pol. Latif Usman mengatakan, sebelumnya peluncuran E-TLE mobile akan dilakukan pada Selasa, 6 Desember 2022 bertepatan dengan HUT ke-73 Polda Metro Jaya, namun, rencana peluncuran E-TLE mobile tersebut diundur pekan depan.

"Diundur karena masih menunggu kegiatan Pak Kapolda Metro Jaya sama Pak Kapolri (Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo)," terang Kombes Pol. Latif Usman dikutip medcom.id, Selasa, (06/12/22).

Meski diundur, Perwira Menengah Polda Metro Jaya menjelaskan pihaknya tetap melakukan uji coba terlebih dahulu pada Rabu, 7 Desember 2022 sebelum diresmikan oleh Kapolri.

Baca juga : Polres Tangsel Mulai Operasikan Kendaraan ETLE Mobile

Lebih lanjut, Dirlantas Polda Metro Jaya menuturkan total ada 11 E-TLE mobile yang akan diterjunkan. Nantinya E-TLE mobile akan berputar mengelilingi jalanan Jakarta dan sekitarnya untuk merekam pelanggaran yang dilakukan pengendara.

Mantan Dirlantas Polda Jatim tersebut mengatakan bakal mengendepankan tilang elektronik dalam menindak pelanggar lalu lintas. Dalam pelaksanaannya, Polda Metro Jaya akan memaksimalkan kamera E-TLE statis yang sudah terpasang di 57 titik di Jakarta untuk memantau dan menindak pelanggaran lalu lintas.

Kombes Pol. Latif juga menjelaskan setiap pelanggaran baik yang dilakukan pengendara roda dua atau lebih bakal teridentifikasi oleh kamera E-TLE. Jika terbukti melanggar, petugas akan langsung mencetak surat tilang dan dikirimkan ke alamat pelanggar melalui kantor pos.

(ym/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment