Gunung Merapi Semburkan Awan Panas Sebanyak 24 Kali Pagi Ini

8 May 2024 - 12:07 WIB
beritasatu

Tribratanews.polri.go.id - Gunung Merapi semburkan awan panas sebanyak 24 kali dengan ketinggian maksimum 2.500 meter menuju barat daya hari ini, Rabu (8/5/24)

Menurut data dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Gunung Merapi kini masuk pada level tiga siaga.

Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi Sungai Boyong sejauh maksimal 5 km, Sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal 7 km. 

Baca Juga: Kapolri Nilai YKB Turut Andil Mencerdaskan Anak Bangsa

Pada sektor tenggara meliputi Sungai Woro sejauh maksimal 3 km dan Sungai Gendol 5 km. Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak.

Data pemantauan menunjukkan suplai magma masih berlangsung yang dapat memicu terjadinya awan panas guguran di dalam daerah potensi bahaya.

Petugas BPPTKG Gunung Merapi, Alzwar Nurmanaji, menjelaskan bahwa masyarakat agar tidak melakukan kegiatan apa pun di daerah potensi bahaya dan masyarakat agar mewaspadai bahaya lahar dan awan panas guguran (APG) terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi.

"Masyarakat dapat mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik dari erupsi Gunung Merapi. Jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan, maka tingkat aktivitas Gunung Merapi akan segera ditinjau kembali," tutupnya, dilansir dari beritasatu.

(ek/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment