Kaops NCS Bagi Ribuan Sembako untuk Warga Tasikmalaya Guna Wujudkan Pemilu Damai

27 October 2023 - 16:45 WIB
Foto: Dok. Polri

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Warga Tasikmalaya antusias menyambut gembira kegiatan baksos pembagian 1.500 paket yang dilakukan oleh Operasi Nusantara Cooling System (Ops NCS) 2023-2024 di Mapolres Tasikmalaya, Jumat (27/10/23).

Tak hanya itu, sebagai bentuk sinergisitas TNI-Polri dalam pengamanan pemilu 2024, puluhan anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa juga mendistribusikan langsung paket sembako ke rumah-rumah warga. Bansos ini juga diserahkan ke beberapa ponpes untuk diberikan khusus kepada santri-santri.

Kaops NCS, Irjen. Pol. Asep Edi Suheri, S.IK., M.Si., menuturkan, kegiatan ini bagian dari upaya Polri dalam mendinginkan suasana menjelang Pemilu 2024. Hal ini sebagaimana amanat Presiden Joko Widodo yang diteruskan oleh Kapolri, Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., agar pemilu berlangsung aman dan damai.

Ia menyebutkan, kegiatan tersebut merupakan upaya preemtif dari Operasi NCS. Untuk itu, pihaknya mengajak seluruh lapisan masyarakat agar tidak terpancing atas isu-isu SARA, ujaran kebencian, politik identitas dan berita bohong di media sosial.

Baca Juga:  Tiga Jenderal Ops NCS Sambangi Ketua Ponpes Daarul Falah Ciamis, Dukung Polri Wujudkan Pemilu Damai di 2024

"Kegiatan Operasi Nusantara Cooling System bertujuan untuk meminimalisir isu-isu provokatif yang berpotensi konflik sosial pada saat menjelang pemilu 2024. Untuk itu Polri akan terus berkolaborasi dengan seluruh lapisan masyarakat dan minta dukungan untuk menciptakan pemilu yang aman dan damai," ujar Irjen. Pol. Asep Edi pada Jumat (27/10/23).

Ia mengatakan, upaya preemtif akan terus dilakukan seperti di Tasikmalaya pada hari ini dan di Ciamis kemarin, dengan membangun sumur bor bagi warga yang dilanda kekeringan. Tak hanya itu pihaknya juga mengajak para tokoh agama dan ulama serta organisasi kemasyarakatan dan pemuda (OKP) menggelorakan pemilu damai.

"Harapan kami, para tokoh-tokoh masyarakat dan ulama bisa memberikan pemahaman bahwa pemilu akan sukses bila masyarakat bersatu, tidak terpecah-belah, walau beda pilihan dalam pemilu nanti," jelas Jenderal Bintang Dua tersebut.

"Para anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang mendistribusikan juga akan memberikan pesan kamtibmas kepada masyarakat agar perjalanan pemilu bisa aman dan damai tidak ada perpecahan. Sedangkan bantuan ke pondok pesantren adalah untuk membantu para santri, itulah tujuan dari Operasi Nusantara Cooling System, preemtif, preventif yang mana kegiatan untuk ciptakan situasi kondusif," imbuhnya.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment