Wujudkan Ketahanan Pangan, Pemda Yahukimo Gelar Acara Tanam Padi Serentak

22 August 2022 - 10:32 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Pemerintah Daerah Kab. Yahukimo menggelar Tanam Padi Serentak dalam rangka Pembukaan lahan sawah, yang bertempat di Kampung Muara, Distrik Dekai, pada Sabtu (20/08/2022)

Terlihat hadir dalam acara, Bupati Kab. Yahukimo Didimus Yahuli, S.H., Wakil Ketua DPRD Yahukimo Nehemia Elopoere, S.IP., Kepala Dinas Pertanian Bonga Sumule, Dansektor Yahukimo AKBP Supridi Rahman, S.I.K., M.M., Korwil Satgas Binmas Yahukimo IPDA I Made Budi Dumariawan, A.Md., S.H., serta para OPD Yahukimo, Tokoh Masyarakat, Stakeholder, petani dan masyarakat.

Pembukaan lahan ini ditandai dengan penanaman padi oleh Bupati Yahukimo ditemani para OPD, Polri, dan TNI.

Bupati mengatakan untuk lahan persawahan yang dibuka seluas 60 hektar dari target 100 hektar, dan dalam pengerjaannya akan berkolaborasi dengan seluruh pihak. “Hari ini kita tanam padi untuk 60 hektar dari target 100 hektar untuk tahun ini, lalu kedepan lebih lagi, karena kita memiliki banyak distrik dan masyarakat, sehingga hal ini dilakukan untuk mengisi kebutuhan di sini,”ujar Bupati.

Harapan Bupati dengan dibukanya lahan dapat lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat Yahukimo.

Dirinya menyebut dengan meningkatnya kesejahteraan maka turut juga meningkatkan sektor-sektor lain. “Dengan lahan sawah ini maka sumber pangan di sini kita bisa kelola sendiri, dengan demikian maka Ekonomi, Infrastruktur, Pendidikan akan menjadi lebih baik dan keamanan pun akan meningkat,” lanjutnya.

Selain itu, ia juga mengapresiasi Polri yang turut bekerjasama dengan Pemda untuk mensejahterakan masyarakat Yahukimo melalui sektor Pertanian. “Teman-teman kita dari Kepolisian, Ops damai Cartenz-2022 ada di sini dan turut membantu bercocok tanam dan kita akan terus bekerjasama,” ujar Bupati.

Pembukaan Lahan Sawah ini merupakan visi Bupati Yahukimo untuk menjadikan Yahukimo sebagai Sentra Pangan di Wilayah Pegunungan Papua.

Sementara itu, saat ditanya tentang kehadiran Ops Damai Cartenz-2022 di Yahukimo, Kasatgas Humas Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal, S.H., secara rinci mengatakan bahwa Polri melalui Ops Damai Catenz-2022 hadir dengan berbagai Progam untuk membantu Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan, kesehatan, pendidikan dan keamanan masyarakat.

“Ops Damai Cartenz-2022 memiliki Program Kasuari, Keladi Sagu, SI-IPAR, yang bertujuan untuk membantu meningkatkan perekonomian, kualitas pendidikan dan kesehatan masyarakat Papua,” ungkapnya.

“Lalu untuk menciptakan kamtibmas ada Satgas Preventif dan Program KOTEKA serta PEKA dari Binmas Noken,” imbuhnya.

Share this post

Sign in to leave a comment