Situasi Kondusif, Satgas Damai Cartenz, TNI-Polri dan Pemda Papua Tengah Jamin Keamanan Warga di Paniai

20 June 2024 - 17:56 WIB
Dok. Damai Cartenz

Tribratanews.polri.go.id - Papua - Pasca operasi penegakan hukum oleh Satgas Ops Damai Cartenz-2024 dan pasukan gabungan TNI-Polri terhadap KKB di Distrik Bibida, Kabupaten Paniai-Papua Tengah, situasi Kamtibmas telah kembali aman dan kondusif.

Hal tersebut dikatakan Ka Ops Damai Cartenz-2024 Kombes Pol. Dr. Faizal Ramadhani, di Timika, Papua Tengah, saat dikonfirmasi.

“Ya Benar, untuk saat ini, Situasi di Kabupaten Paniai telah aman dan aktivitas masyarakat mulai berjalan normal kembali pasca aksi kriminal yang dilakukan oleh KKB pada beberapa waktu lalu.,” ucap Ka Ops Damai Cartenz-2024.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, AKBP Dr. Bayu Suseno, juga mengungkapkan bahwa aparat dilapangan sedang fokus untuk memastikan keamanan bagi warga masyarakat.

“Perlu diketahui bahwa kunjungan Pj Gubernur Papua Tengah ke kabupaten paniai pada rabu 20 juni 2024 adalah dalam rangka melaksanakan kunjungan kerja dan sekaligus memberikan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat di Distrik Bibida, Kabupaten Paniai” jelas AKBP Dr. Bayu Suseno.

Pada kesempatan tersebut, dalam wawancara terhadap PJ Gubernur Provinsi Papua Tengah Dr. Ribka Haluk, S. Sos., MM, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Danrem, Ka Ops Damai Cartenz dan seluruh prajurit TNI-Polri yang selama ini telah bekerja keras dalam menjaga situasi kamtibmas di Kabupaten Paniai.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada Danrem, Ka Ops Damai Cartenz dan seluruh prajurit TNI-Polri yang selama ini telah bekerja keras dalam menjaga situasi kamtibmas di Kabupaten Paniai dengan baik. Terbukti bahwa KKB pelaku penembakan dan pembakaran mobil telah berhasil dilumpuhkan." Ujar PJ Gubernur Provinsi Papua.

Dr. Ribka Haluk kembali mengajak kepada semua pihak, termasuk tokoh agama, para kepala suku, juga Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda serta Tokoh Perempuan untuk bersama-sama bergandengan tangan menjaga kamtibmas di Kabupaten Paniai.

“Kepada tokoh agama, para kepala suku, juga Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda serta Tokoh Perempuan, mari kita kamtibmas di kabupaten paniai ini agar tetap aman dan kondusif”, Ucap Dr. Ribka.

Selain itu, Brigjen Frits Wilem Rizard Pelamonia, SE, Danrem 173/PVB, dalam wawancaranya juga menegaskan bahwa kedatangan TNI-Polri dan Satgas Ops Damai Cartenz-2024, bertujuan untuk menjamin keamanan warga dari gangguan keamanan yang dilakukan oleh KKB Intan Jaya di Kabupaten Paniai.

“Kami tegaskan bahwa, kehadiran TNI-Polri dan Satgas Ops Damai Cartenz-2024 di Kabupaten Paniai adalah untuk memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat”, tutur Brigjen Frits Wilem Rizard Pelamonia.

Sementara itu, LO Polda Papua Tengah, Kombes Pol Dede Alamsyah S.I.K, menambahkan bahwa kehadiran aparat TNI-Polri dan Satgas Ops Damai Cartenz-2024, telah memberikan rasa aman bagi masyarakat di Kabupaten Paniai, Provinsi Papua Tengah.“Dapat kami menyampaikan bahwa, aparat gabungan TNI-Polri dan Satgas Ops Damai Cartenz yang telah hadir di Kabupaten Paniai ini, telah memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat pasca aksi kriminal yang dilakukan oleh KKB Intan Jaya di Paniai” Tutup Kombes Pol Dede Alamsyah.

(ta/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment