Presiden Jokowi Tinjau Area Terdampak Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Sumbar

22 May 2024 - 08:52 WIB
Dok. Polda Metro

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo meninjau langsung area terdampak bencana longsor dan banjir bandang lahar dingin di Kabupaten Agam, Sumatra Barat, Selasa (21/5/24).

Di area tersebut, Presiden Jokowi meninjau proses pembersihan puing yang tengah dilakukan para anggota TNI dari berbagai matra dan dari Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas). Sejumlah alat berat juga tampak dikerahkan untuk membersihkan material bencana.

JokowiPresiden Jokowi sudah berjalan dengan baik. Langkah-langkah tersebut mencakup evakuasi korban, penanganan pengungsi, hingga pembangunan infrastruktur darurat.

"Pembangunan jalan juga jembatan-jembatan darurat semuanya sudah dilakukan dan masih ada 1-2 yang masih dalam proses, ini yang kita kejar agar semuanya secepatnya kembali normal," ujarnya.
Baca Juga: IPW Sebut Langkah Polri Sudah Tepat di Kasus Vina, Masyarakat Jangan Termakan Hoaks

Sementara Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto menyebut proses penanganan bencana telah memasuki hari ke-11 dan semuanya berjalan dengan lancar.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana menjelaskan, saat ini tim gabungan berfokus pada pencarian korban yang masih hilang dan pembersihan material bencana.

"Di pinggang-pinggang gunung itu banyak material yang ini harus kita waspadai jangan sampai ada bencana susulan," tuturnya.

Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan ini di antaranya Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Kepala BNPB Suharyanto, Kepala Basarnas Kusworo, Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi Ansharullah, dan Bupati Agam Andri Warman.

(mz/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment