Polwan Ajari Mama-mama OAP Membaca dan Menulis di Jayapura

12 November 2023 - 19:30 WIB
Antaranews

Tribratanews.polri.go.id - Sentani. Polres Jayapura, Polda Papua mengajari mama-mama orang asli Papua (OAP) penjual sayur di daerah setempat untuk membaca dan menulis.

Kapolres Jayapura, AKBP Fredrickus W. A. Maclarimboen, S.IK., M.H., melalui Iptu Darna, mengatakan sambil menunggu pembeli, maka mama-mama penjual sayur diajari mengenal huruf dan angka.

“Kami sebagai Srikandi Cycloop (Polres Jayapura) kembali menyambangi dua peserta didik Program Gerakan Baca Tulis (Gabus) untuk kembali diperkenalkan mengenai cara baca dan menulis,” ujarnya, dilansir Antaranews, Sabtu (11/11/23).

Baca Juga: Ciptakan Pemilu Damai 2024 di Lampung Tengah, Program Asuh Lansia Bripka Leonardo Diapresiasi Masyarakat

Dalam kesempatannya ia mengatakan bahwa kedua mama pedagang itu bernama Awina (32) dan Omi Murib (35) yang diketahui masih buta aksara.

“Kami sebagai polisi mempunyai tugas memberikan edukasi cara pembelajaran dasar agar mereka dapat membaca dan menulis,” ujarnya.

Menurut dia program belajar yang dilaksanakan Polres Jayapura berlangsung setiap hari Selasa dan Jumat.

"Materi yang diajarkan kepada mereka, antara lain menyebutkan dan menghafalkan abjad, cara membaca, dan lainnya,” jelasnya.

Selanjutnya ia menambahkan dari program tersebut mama-mama terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan belajar.

“Mereka semakin menunjukkan perkembangannya dalam menyerap apa yang sudah diajarkan hari ini maupun sebelumnya,” jelasnya.

Sebagai informasi, dalam kegiatan tersebut Polwan Polres Jayapura mengajarkan program itu bagi mama-mama OAP pedagang sayur di Pertigaan Pojok Sentani, Kabupaten Jayapura.

(fa/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment