Polri Dengan Keuskupan Agung Bahas Penerimaan Polisi dari Jalur Rekpro

24 October 2023 - 18:45 WIB
Foto: Dok. Polri

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM Kapolri), Irjen. Pol. Prof. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., mengungkapkan bahwa Polri telah menjalin diskusi dengan Keuskupan Agung terkait rekrutmen anggota Polri melalui jalur rekrutmen proaktif (rekpro).

"Kemarin dari keuskupan juga memberikan saran masukan kepada kami, untuk bisa diterima. Iya kita menerima tapi baik dari bintara maupun SIPSS (Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana)," jelas As SDM Kapolri, Selasa (24/10/23).

Selain itu, As SDM Kapolri menjelaskan bahwa rekrutmen proaktif telah memberikan kesempatan kepada individu seperti hafiz Al-Qur'an, juara Jambore Nasional Agama Hindu, juara Utsawa Dharma Gita, dan juara Sippa Dhamma Samalla sejak tahun 2019, yang telah diadakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Baca Juga:  Kapolda Sumut Ajak Santri Bersinergi Jaga Persatuan Bangsa dalam Peringatan Hari Santri Nasional 2023

As SDM Kapolri mengatakan dari Biro Pengendalian Personel SSDM Polri sudah berkomunikasi dengan Kemenag sudah memetakan dari seluruh Indonesia, hafiz Qur'an itu ada 700 orang lebih. Nanti akan diseleksi.

"Hafiz Qur'an di tahun 2023 kita terima 76 orang. Termasuk di Akpol sudah kita tes ada 6 orang, dan yang betul-betul hafiz 30 juz itu 3 orang. Kemudian dari agama Hindu, Buddha, dan dari berbagai agama yang ada di kita, ada rekomendasi dari tokoh agama, kami terima juga," ujarnya.

As SDM Kapolri kemudian menjelaskan bahwa peserta seleksi Polri yang mengikuti jalur rekpro harus memenuhi persyaratan umum dan khusus yang menjadi persyaratan bagi tiap warga masyarakat yang ingin bergabung dengan Polri.

(rd/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment