Polisi Kenalkan Fungsi Unit Satwa dalam Tugas Kepolisian Kepada Murid TK di Lombok

27 October 2023 - 11:30 WIB
Foto: LombokPost

Tribratanews.polri.go.id - Lombok. Unit Satwa Ditsamapta Polda NTB berikan edukasi kepada murid TK Kartika Mataram dan RA NWDI Narmada di Lapangan Bhara Daksa. Wadirsamapta Polda NTB, AKBP Irfan Nurmansyah, didampingi Kanit Satwa Ditsamapta Polda NTB, Ipda Made Triana, menerima  kedatangan ratusan murid TK berserta guru tersebut.

Anggota Unit Satwa memperkenalkan beberapa ekor anjing pelacak serta kuda yang selama ini banyak membantu tugas pokok kepolisian untuk melacak barang-barang terlarang, mencari pelaku kejahatan, hingga pencarian benda-benda berbahaya seperti bahan peledak, kepada murid TK tersebut.

“Ini sebuah kegiatan edukasi pada anak-anak agar mereka mengenal serta mengetahui secara garis besar tugas-tugas kepolisian,” jelasnya, dilansir dari lombokpos.jawapos, Kamis (26/10/23).

Untuk menambah ketertarikan pada anak, Unit Satwa mempersiapkan baju polisi ukuran anak sehingga dapat digunakan saat kegiatan berlangsung untuk sesi foto sambil merasakan bagaimana rasanya saat polisi sedang menjalankan tugas.

Anak-anak naik kendaraan patroli mengelilingi lapangan, ada juga yang naik kuda. Ini paling diminati anak-anak karena bisa berfoto saat sedang berada di punggung kuda.

Baca Juga:  Bahagianya Warga Ciamis Dapat Bantuan Sumur Bor dan Paket Sembako dari Operasi NCS Polri

“Ditsamapta Polda NTB, khususnya Unit Satwa telah mencanangkan polisi sahabat anak ataupun keberadaan polisi cilik binaan Unit Satwa Ditsamapta Polda NTB,” tambahnya.

Upaya tersebut merupakan pola yang dilakukan Polri untuk menjalin hubungan dan komunikasi dengan anak sejak usia dini. Sehingga kecintaan terhadap polisi akan muncul ketika si anak sudah merasa terbiasa dengan polisi dan tugas-tugasnya.

“Untuk itu Unit Satwa mencoba memberikan dan menjalin  perkenalan serta memperkenalkan keberadaan polisi sampai akhirnya lahir polisi cilik atau polisi sahabat anak. Kegiatan ini merupakan bentuk binaan kita terhadap anak-anak agar mengenal polisi secara benar,” ungkapnya.

Salah seorang guru RA NWDI Narmada mengungkapkan rasa terima kasih kepada Kanit Satwa Ditsamapta Polda NTB yang telah memberikan kesempatan kepada anak asuhnya untuk mengenal secara langsung tugas pokok sebagai polisi satwa yang ada di Polda NTB.

"Ini tentu menjadi pengalaman dan pembelajaran tersendiri bagi anak-anak kami dalam rangka mengenal polisi. Kami berharap kegiatan seperti ini tetap ada bagi anak-anak TK lainnya," tutupnya.

(ri/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment