Polda Papua Barat Gelar Touring Merah Putih Bersama Masyarakat di Kab. Manokwari

6 November 2022 - 13:36 WIB
Foto : Detikperistiwa

Tribratanews.polri.go.id - Manokwari. Bersama masyarakat Polda Papua Barat melakukan touring Merah Putih dalam rangka hari sumpah pemuda di lintas Kab. Manokwari dengan titik finish di Puncak Kobrey, Kab. Pegunungan Arfak.

Baca Juga : Berikan Pelayanan Terbaik, Ombudsman RI Apresiasi Kepada Sat Lantas Polres Mimika

Kegiatan touring Merah Putih ini dipimpin langsung oleh Kapolda Papua Barat, Irjen. Pol. Drs. Daniel Tahi Monang Silitonga, S.H. 

Mengambil Tema "Aku Anak Papua dan Aku Cinta Indonesia", touring tersebut juga turut menggandeng komunitas trail manokwari raya dan komunitas FJ 4×4 dalam rangka memperingati hari Pahlawan Ke 77 tahun 2022, Sabtu (5/11/22).

Rombongan touring Merah Putih tersebut menempuh jarak 195 kilometer dengan 10 jam perjalanan pulang pergi.

Dalam kegiatan tersebut turut serta Wakapolda Papua Barat Brigjen Pol. Drs. Patrige R. Renwarin,S.H.,M.Si., Para PJU Polda Papua Barat sebanyak 30 orang, komunitas trail Manokwari sebanyak 100 motor, dan komunitas hardtop (IOF) sebanyak 15 mobil.

Kapolda Pabar melepas rombongan Trail Manokwari Raja dan disusul dengan komunitas FJ 4×4 pukul 07.00 WIT di Mapolda Papua Barat disertai rombongan dan Para PJU dan finish dipuncak Kobrey sekitar pukul 11.00 WIT.

Yang membuat touring ini menarik adalah kegiatan tersebut dilaksanakan diatas puncak Kobrey dengan ketinggian 2.309 mdpl dengan disuguhkan pemandangan danau Anggi Giji dan Anggi Gida seluruh peserta touring mengucapkan Ikrar merah putih dan melaksanakan pengibaran bendera sebanyak 77 bendera merah putih serta pembentangan bendera dengan ukuran 10m x 10m oleh TNI Polri, dilansir dari detikperistiwa.

Momen pengibaran bendera ini bertujuan untuk mengingatkan kembali kepada seluruh lapisan masyarakat kemerdekaan Indonesia diraih dari hasil perjuangan bersenjata dengan mempertaruhkan nyawa.

Kapolda Pabar memberikan arahan dengan mengajak para peserta melalui momentum hari pahlawan, agar bersatu dan mengingat pengorbanan para pahlawan yang sudah berjuang.

Lanjut dikatakan, dari puncak Kobrey dengan ketinggian 2.309 mdpl kita harus menunjukkan kepada bangsa dan negara kita, bahwa hari ini telah berkibar sebanyak 77 bendera merah putih, itu menandakan hari ini kita telah memperingati hari Pahlawan ke 77 untuk menjadi satu persatuan negara Indonesia bukan hanya harta dan benda dan pada saat ini kita mampu karena perjuangan dan pengorbanan pahlawan, jelasnya.

“Saya selaku Kapolda Papua Barat mengajak kita memikirkan bahwa betapa besarnya perjuangan pahlawan, perjuangan pahlawan kita hendak kita ikuti, dan perjuangan kita sekarang yaitu untuk memajukan papua barat dari keterbelakangan dibidang pendidikan, kesehatan dan bidang lainnya agar lebih baik”. Oleh karena itu saya mengajak semua yang hadir ini untuk menyaksikan karya-karya yang kita berikan kepada papua barat ini, mari kedepan kita berjuang dan mempertahankan kemerdakaan Indonesia.” jelas Kapolda.

Diakhir kegiatan seluruh peserta melaksanakan foto bersama dengan memegang spanduk bertuliskan “Bangsa Yang Besar Adalah Bangsa Yang Menghormati Jasa Para Pahlawannya”.

Tidak hanya pelaksanaan upacara dan pengucapan ikrar merah putih, Polda Papua Barat juga melaksanakan pembagian sembako kepada masyarakat serta pembagian Dorprize kepada para peserta di Polsek Anggi.

(fa/hn/um)


Share this post

Data Perkembangan Covid-19 Indonesia

Positif

6.718.090

Sembuh

6.542.791

Meninggal

160.574

Sumber: covid19.go.id
Last Updated: 2 February 2023 - 06:00
Sign in to leave a comment