Polda Jateng Berikan Bantuan Logistik untuk Relawan Posko Pengamatan Gunung Merapi

13 March 2023 - 11:00 WIB
tribunjogja

Tribratanews.polri.go.id - Magelang. Biddokes Polda Jateng memberikan bantuan logistik untuk relawan, petugas tanggap bencana, dan masyarakat di Desa Krinjing, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Minggu (12/3/23). Bantuan juga didistribusikan ke dua titik posko siaga dan pengamatan Gunung Merapi, yakni di Pos Babadan dan Boyolali. 

"Tim kami siap bergerak cepat apabila dibutuhkan. Kami siap membantu jika masyarakat atau sukarelawan butuh berobat, tetapi Alhamdulillah belum ada. Jadi sekarang, kami membantu untuk masker dan konsumsi untuk teman-teman sukarelawan di sini," jelas Kabid Dokkes Polda Jateng, Kombes. Pol. Dr. dr. Sumy Hastry Purwanti, DFM, Sp.F, dilansir dari laman tribunJogja, Minggu (12/3/23).

Baca juga : Pasca Erupsi Merapi, Polisi Bantu Bersihkan Jalan Terdampak Abu Vulkanik

Kombes. Pol. Dr. dr. Sumy Hastry Purwanti mengimbau masyarakat sekitar untuk tetap memakai masker dan kacamata. Sebab, menurutnya partikel halus abu vulkanik bisa tak sengaja terhisap saluran pernafasan dan memasuki mata. Hal itu bisa membuat sakit juga, antara lain di saluran pernafasan atas dan mata jadi gampang sakit. 

Sementara itu, Ketua OPRB Desa Krinjing, menyebut, masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan meski mereka beraktivitas seperti biasa.

"Secara umum kami melihat letusan Gunung Merapi masih ada susulan walaupun kecil. Jadi, kami tetap bersinergi dengan pihak lain, relawan, maupun jajaran pemerintah agar tetap bisa meningkatkan kesiapsiagaan dengan saling bekerja sama," jelas Ketua OPRB Desa Krinjing.

(bg/hn/af/um)

Share this post

Sign in to leave a comment