Pasca Erupsi Merapi, Polisi Bantu Bersihkan Jalan Terdampak Abu Vulkanik

13 March 2023 - 10:00 WIB
pmjnews

Tribratanews.polri.go.id - Semarang. Jalan sebagian wilayah Kabupaten Magelang ditutupi sisa abu vulkanik pasca erupsi gunung Merapi yang terjadi pada Sabtu (11/3/23) pukul 12.12 WIB. Wilayah terdampak yang di antaranya Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang meliputi Desa Paten, Sengi, Ngargomulyo, Keningar, Sewukan dan Desa Mangunsuko serta Desa Krinjing.

"Kita hadir membantu masyarakat yang terdampak abu vulkanik karena kita melihat masyarakat membersihkan jalan dengan cara manual, sehingga kami Polri-TNI juga para relawan membantunya," ungkap Kapolresta Magelang, Kombes. Pol. Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H., dilansir dari laman pmjnews, Minggu (12/3/23).

Baca juga : Erupsi Gunung Merapi, Polda Jateng Terjunkan Ratusan Personel hingga Mobil SAR untuk Misi Kemanusiaan

Kombes. Pol. Ruruh Wicaksono mengatakan Polresta Magelang bergerak cepat melakukan pembersihan jalan yang tertutup abu vulkanik di Desa Krinjing, Kecamatan Dukun. Pembersihan menggunakan mobil Armoured Water Canon (WC), mobil Damkar dan unit mobil PDAM.

"Apabila tidak segera dibersihkan , cukup membahayakan masyarakat yang melintas karena selain berdebu juga cukup licin apabila tidak dibersihkan," ungkap Kapolres.

Kapolres juga menjelaskan, pihaknya fokus pembersihan jalan Desa Krinjing sepanjang kurang lebih 4 km. Pasalnya, posisi desa hanya sekitat 5 km dari gunung Merapi dan juga paling terdampak abu vulkanik. Ketebalan abu yang menutupi jalan kurang lebih 2 cm, sehingga sangat licin dan dapat membahayakan keselamatan pengendara. Debu yang beterbangan juga dapat mengganggu kesehatan pernapasan dan mata.

(bg/hn/af/um)

Share this post

Sign in to leave a comment