Polda Jabar Kerahkan 500 Personel Untuk Evakuasi Korban Gempa Sumedang

3 January 2024 - 14:47 WIB
Dok. Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jawa Barat. Polda Jawa Barat (Jabar) mengerahkan 500 personel ke Kabupaten Sumedang untuk membantu proses evakuasi warga terdampak gempa bumi.

“Pascakejadian pada malam tahun baru kemarin, kita langsung menurunkan kurang lebih sekitar 500 personel yang terdiri atas personel Brimob, Samapta, dan juga personel Polres Sumedang,” ujar Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes. Pol. Ibrahim Tompo dikutip dari Antara, Rabu (3/1/24).
Baca Juga: Gempa 5,9 Magnitudo Terjadi di Banten

Ia menjelaskan, kehadiran ratusan personel tersebut untuk penanganan evakuasi bagi warga terdampak, sekaligus untuk memastikan keselamatan dari korban gempa.

“Pascabencana ini memang kita lakukan penanganan, mengutamakan keselamatan jiwa. Nah, sehingga memang kita melaksanakan pemetaan terkait dengan korban-korban yang terdampak,” jelasnya.

Menurut Kabid Humas, pihaknya telah mengintensifkan patroli blue light atau menyalakan lampu biru di sejumlah wilayah terdampak gempa di Kabupaten Sumedang, sebagai salah satu upaya mengantisipasi kejahatan. Selain itu, Polda Jabar bersama pemangku kepentingan juga telah menyiagakan petugas untuk melakukan penyelamatan warga jika sewaktu-waktu terjadi kembali bencana.

(ay/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment