Polda DIY Bantu Atasi Kekerdilan Melalui Paket Bergizi

2 February 2023 - 17:00 WIB
Dok. Humas Pemkab Gunung Kidul

Tribratanews.polri.go.id - Gunung Kidul. Polda DIY ikut membantu mengatasi kekerdilan dengan mendistribusikan sebanyak 4.574 paket makanan bergizi di Kabupaten Gunung Kidul. Kapolda DIY, Irjen. Pol. Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., mengatakan paket bantuan makanan bergizi tersebut berupa bubur kacang hijau, vitamin, dan telur yang diberikan kepada anak tubuh pendek/kerdil dan lansia.

"Kami akan berikan dua kali dalam seminggu dalam tahap awal ini, dan nantinya akan dievaluasi bersama pemerintah daerah dan PMI," ujar Irjen. Pol. Suwondo Nainggolan dikutip dari Antaranews.com, Rabu (1/2/23).

Baca juga : Kapolda Sulsel Launching Program Bedah Rumah di Gowa

Berdasarkan perintah Presiden RI, Joko Widodo, Kapolda mengatakan dengan masih tingginya tingkat kekerdilan di Indonesia yang mencapai 24 persen, diharapkan pada 2024 turun hingga 14 persen. Salah satu daerah dengan angka kekerdilannya yang cukup tinggi yakni Gunung Kidul.

Sementara itu, Danrem 072/Pamungkas Brigjen. TNI Puji Cahyono mengatakan, pemilihan Gunung Kidul sebagai sasaran pertama penerima bantuan kekerdilan di DIY karena cukup tingginya angka kekerdilan di wilayah tersebut dibandingkan dengan daerah lain di DIY.

Di sisi lain, Bupati Gunung Kidul, Sunaryanta mengatakan tidak mudah dalam menurunkan angka kekerdilan tersebut. Pihaknya dalam kurun 6 tahun, baru bisa menurunkan 5 persen dari 20 persen menjadi 15 persen. Penyebab tingginya angka kekerdilan di Gunung Kidul secara geografis karena kondisi air, akses pelayanan kesehatan masyarakat yang terbatas, serta tingginya angka pernikahan dini.

(sy/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment