Laksanakan Program GABUS Demi Berantas Buta Aksara di Papua

31 March 2023 - 16:00 WIB
Polda Papua

Tribratanews.polri.go.id - Sentani. Melalui Program GABUS (Gerakan Baca Tulis), Bripka Arobi Umar salah seorang personil Polsek Kawasan Bandara Sentani mengajarkan cara membaca dan menulis di Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (4/1/23) pagi waktu setempat.

Dalam keterangannya, Kapolsek Kawasan Bandara Sentani Ipda Wajedi, S.H., M.Si., mengatakan program Gabus ini merupakan upaya dari pihak Kepolisian khususnya Polres Jayapura dalam menekan angka buta aksara di Sentani.

Baca juga : Berjualan Sambil Belajar Baca Tulis Bersama Polwan Polres Jayapura

“Polisi sejatinya dalam bertugas harus memberikan manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat, melalui Program GABUS inilah Polres Jayapura merealisasikan tupoksi Polri sebagai pelindung, pengayom, dan pelayanan masyarakat,” jelas Ipda Wajedi.

Lebih lanjut, Ipda Wajedi mengatakan bahwa Polres Jayapura akan konsisten melaksanakan kegiatan GABUS ini melalui Bhabinkamtibmas dan Srikandi Cycloop untuk menekan angka buta aksara di Kabupaten Jayapura.

“Kami akan konsisten untuk melaksanakan Gerakan Baca Tulis ini melalui Bhabinkamtibmas dan juga Srikandi Cycloop untuk menekan angka buta aksara khususnya di Kabupaten Jayapura agar dapat menciptakan generasi-generasi penerus bangsa yang cerdas dan berintelektual,” tutup Kapolsek.

Sementara itu, salah seorang peserta Gabus, Ibu Maharetha (43) mengatakan karena Gabus ia lebih mudah dalam menjalankan pekerjaan sehari hari.

“Karena program ini saya jadi paham huruf abjad dan mudah dalam berhitung, saya merasa terbantu dengan adanya program gabus, materi yang diajarkan juga setiap harinya berbeda membuat saya tidak merasa bosan saat belajar,” ujarnya.

(fa/af/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment