Kembangkan Potensi Wisata, Kapolda Sumbar Dorong Pemprov Sumatera Barat Majukan Wisata Budaya

26 August 2022 - 11:47 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Padang. Kapolda Sumbar Irjen. Pol. Teddy Minahasa Putra, S.H., S.I.K., mendorong Pemerintah provinsi (Pemprov) Sumatera Barat mengembangkan potensi wisata berbasis budaya.

Kapolda Sumbar melihat potensi ini belum digarap maksimal oleh Pemprov Sumbar. 

"Kunjungan saat ini lebih banyak ke Jam Gadang yang merupakan warisan Belanda daripada ke Tanah datar yang merupakan pusat kebudayaan Sumbar," jelas Kapolda Sumbar. 

Menurut Kapolda Sumbar, pekerjaan rumah Pemprov Sumbar ialah promosi kebudayaan Minangkabau yang menjadi destinasi unggulan. Caranya bisa dengan mengalihkan fokus destinasi dari wisata yang berbasis keindahan alam kepada kebudayaan. 

"Sumbar memiliki kebudayaan dan sejarah yang panjang. Ini harus diperkenalkan secara luas dan menjadi fokus wisatawan," jelas Kapolda Sumbar. 

Pria bergelar Tuanku Bandaro Alam Sati itu melihat Kerajaan Pagaruyung memiliki sejarah panjang yang berkaitan dengan kerajinan di Pulau Jawa. Banyak artefak serta nilai kebudayaan yang sebenarnya memiliki daya tarik ke Sumbar.

"Kenapa Pagaruyung kalah dari destinasi alam dan wisata di Bukittinggi. Tugas besar bagaimana strategi membangkitkan sektor pariwisata ini," tutup Kapolda Sumbar.

Share this post

Data Perkembangan Covid-19 Indonesia

Positif

6.689.532

Sembuh

6.481.690

Meninggal

160.112

Sumber: covid19.go.id
Last Updated: 8 December 2022 - 09:00
Sign in to leave a comment