Kapolda NTT Dorong Bintara Remaja untuk Penguatan Hubungan dengan Masyarakat

1 August 2023 - 11:00 WIB
Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Kupang. Sebanyak 130 Bintara Remaja yang sudah lulus tes, diminta untuk mengikuti tahap orientasi langsung di lingkungan masyarakat selama satu bulan agar dapat mengenal daerah lingkungan sekitar. Hal tersebut disampaikan Kapolda NTT Irjen. Pol. Drs. Johanis Asadoma, S.I.K., M.Hum., di Kupang.

“Sebagai anggota Polri yang akan ditempatkan di lingkungan masyarakat, pentingnya para Bintara Remaja untuk lebih mengenal dan berbaur dengan lingkungan tempat tinggal mereka,” ungkap Kapolda di Mapolda NTT, Senin (31/7/23).

Irjen. Pol. Johanis Asadoma mengatakan bahwa mereka harus tahu siapa RT (Rukun Tetangga)nya, memperkenalkan diri sebagai anggota Polri yang tinggal di lingkungan RT tersebut, dan ikut serta dalam kegiatan masyarakat seperti gotong royong, bersih-bersih, ataupun kegiatan lainnya.

Baca Juga:  Ukir Prestasi, Dua Anggota Polda Kalsel Sabet Juara 1 dan 2 di MTQ Tingkat Provinsi

"Para Bintara Remaja harus mengenal dan dikenal di lingkungan tempat mereka tinggal. Dari RT, mereka kemudian bisa naik ke RW (Rukun Warga) dan selanjutnya bertemu dengan Lurah. Mereka harus membangun relasi dengan masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Ini merupakan suatu hal yang baru dan perlu terus dibudayakan agar polisi-polisi baru ini dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya, bisa bersatu, akrab, dihormati, dan menghormati lingkungan tempat mereka bertugas," tambah Kapolda.

Kapolda NTT menyatakan bahwa pendekatan ini merupakan inovasi baru dalam membentuk polisi yang dapat berintegrasi dengan masyarakat dengan baik. Diharapkan dengan adanya pendekatan ini, Bintara Remaja dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan tugas mereka, menjalin kedekatan dengan masyarakat, serta memperkuat kerja sama antara kepolisian dan masyarakat guna menciptakan lingkungan yang lebih aman dan kondusif.

“Pendekatan ini juga sebagai langkah positif untuk memperkuat peran kepolisian dalam menjaga keamanan dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Semoga langkah ini akan memberikan dampak positif dan membawa manfaat bagi kepolisian, para Bintara Remaja, dan masyarakat Nusa Tenggara Timur secara keseluruhan,” tutupnya.

(bg/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment