Kapolda Maluku Ajak Masyarakat Berperan Jaga Lingkungan

25 May 2024 - 09:14 WIB
Dokumentasi Antara

Tribratanews.polri.go.id - Maluku. Kapolda Maluku Irjen. Pol. Lotharia Latif mengajak masyarakat ambil peran dalam menjaga lingkungan agar terhindar dari kejahatan.

“Semua warga harus berperan untuk menjaga lingkungannya. Warga harus kompak agar jangan memberi kesempatan adanya peredaran minuman keras, terjadinya pemerasan dan kejahatan lainnya di wilayah masing-masing,” jelas Kapolda dikutip dari Antara, Jumat (24/5/24).

Menurut Kapolda, orang tua khususnya ibu-ibu juga memiliki peranan penting dalam menjaga lingkungan dan menjaga anak-anaknya agar tidak berkeliaran bebas di malam hari. Peran para orang tua dalam mengawasi aktivitas yang dilakukan anak-anaknya sangat penting, sehingga mereka tidak melakukan kegiatan yang menjurus pada perkelahian. Sebab, hal ini dapat meluas dengan melibatkan orang-orang dewasa maupun orang tua.

Baca Juga: AVC Challenge Cup, Indonesia Bungkam Habis Singapura 3-0

Ditekankan Kapolda, sebanyak apa pun pos yang didirikan, kalau mental dan perilaku warga senang bertikai dan main hakim sendiri, maka Pospam ini tidak akan ada artinya.

“Warga harus sadar hukum dan bukan malah memanas-manasi antar kelompok, bahkan saling menuduh serta membawa-bawa suku tertentu,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan Kapolda, harusnya daerah ini menjadi ikon positif di Ambon, bukan malah menjadi simbol pertikaian antar sesama orang saudara di Ambon. Polda Maluku dan Polresta Ambon pun selama ini sudah melakukan semua tindakan kepolisian mulai dari pencegahan, sosialisasi, bahkan sampai penegakan hukum dan proses hukum para pelaku kejahatan di pengadilan. Tetapi selalu ada lagi oknum-oknum yang sengaja membuat pertikaian," ungkapnya.

(ay/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment