Kapolda Jatim Beri Pesan ke Mahasiswa Baru: Taklukkan Tantangan yang Menghadang

12 September 2023 - 20:00 WIB
Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Toni Harmanto mengajak generasi muda menaklukkan berbagai tantangan yang menghadang setiap langkah menuju kesuksesan.

"Kalian sebagai anak-anak muda yang bersemangat dan inovatif harus bisa memanfaatkan segala potensi yang ada, sekaligus mampu menaklukkan tantangan yang menghadang dan tidak mudah menyerah," ujar Irjen Pol. Toni pada pembukaan Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (Pesmaba) Universitas Muhammadiyah Malang, Selasa (12/9/23).

Irjen Pol. Toni mengatakan, generasi muda memiliki peran strategis dalam membangun masa depan bangsa yang lebih cerah. Sebab, peran penting generasi muda ini juga ditopang dengan potensi besar yang dimiliki Indonesia. Misalnya, sumber daya alam yang melimpah, letak geografis yang strategis, dan sebagainya.

Baca Juga:  Tokoh Agama Dinilai Penting Sosialisasikan Pencegahan KDRT

Begitu juga dengan sumber daya manusia yang dinilai mampu memberikan kontribusi solusi. Namun, pengembangan potensi itu dihadapkan juga dengan beragam tantangan.

Apalagi, kini Indonesia ada di masa Pemilu 2024. Menurut Irjen Pol. Toni, akan ada banyak kepentingan politik yang berujung pada dampak negatif.

"Hoaks dan kampanye hitam kemungkinan besar akan muncul dan memecah belah bangsa. Korupsi juga masalah lain yang harus ditangani dengan apik. Begitu juga dengan narkoba, krisis narkoba, kesenjangan sosial, isu agam, serta keamanan dan terorisme," ujar Irjen Pol. Toni.

"Maka itu, kalian sebagai anak-anak muda yang bersemangat dan inovatif, harus bisa memanfaatkan segala potensi yang ada, dan mampu menaklukkan tantangan yang menghadang," lanjut Irjen Pol. Toni.

(ndt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment