Kapolda Aceh : Jumat Curhat Penting, Bisa Akomodir Keluhan dan Aduan Masyarakat secara Langsung

13 January 2023 - 22:34 WIB
Foto : Dok Polda Aceh

Tribratanews.polri.go.id - Aceh. Dalam rangka mendengar dan menampung pengaduan dari masyarakat, Polri telah banyak meluncurkan banyak program, salah satunya adalah Jumat Curhat. Kapolda Aceh, Irjen. Pol. Drs. Ahmad Haydar Baagil, S.H., M.M., mengatakan, selama ini pihaknya rutin menjalankan program Jum’at Curhat, baik di tingkat Polda, Polres, bahkan Polsek. Menurutnya, program tersebut penting dan menjadi wadah utama untuk masyarakat menyampaikan pengaduannya, Jumat (13/1/23).

“Jumat Curhat sudah familiar di kalangan masyarakat, sudah dianggap penting karena bisa mengakomodir keluhan dan pengaduannya secara langsung. Program ini pun dilaksanakan hingga ke tingkat Polsek,” ungkap Kapolda Aceh di D’ Energi Cafe, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar, Jum’at (13/1/23).

Baca Juga : Tingkatkan Kepatuhan, Korlantas Polri Luncurkan Tilang ETLE Portable

Kapolda Aceh mengatakan, selama ini Polri telah meluncurkan berbagai program atau aplikasi yang dapat menampung pengaduan masyarakat baik secara daring maupun luring. Semua program tersebut juga telah dilaksanakan oleh Polda Aceh sebagai tindak lanjut dari program Quick Wins yang digagas oleh Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

Secara daring, Polda Aceh telah menyediakan aplikasi Dumas Presisi dan Dumas melalui WhatsApp. Kemudian secara luring, masyarakat bisa datang langsung dan mengadu pada setiap program Jumat Curhat, dan itu adalah upaya Polri menampung keluhan masyarakat.

“Program Jumat Curhat dan program lainnya adalah upaya Polri, dalam hal ini Polda Aceh untuk menampung berbagai keluhan dan pengaduan masyarakat secara langsung,” jelas Kapolda Aceh.

Kabid Humas Polda Aceh, Kombes. Pol. Joko Krisdiyanto dalam keterangannya di lokasi Jumat Curhat mengatakan, dengan adanya program Jumat Curhat ini masyarakat bisa menyampaikan langsung apa yang menjadi permasalahannya dan diserap langsung oleh Polri.

Kabid Humas Polda Aceh juga menyebutkan, bahwa pengaduan atau keluhan yang disampaikan masyarakat kebanyakan terkait dengan penanganan kasus dan pelayanan kepolisian. Tak sedikit juga yang datang ke Jumat Curhat untuk menyampaikan apresiasi atas respon cepat Polda dalam menindaklanjuti pengaduan masyarakat.

“Pengaduan yang sering disampaikan masyarakat adalah terkait penanganan kasus dan pelayanan kepolisian. Ada juga yang datang khusus untuk menyampaikan apresiasinya terkait respon cepat kepolisian dalam menindaklanjuti keluhan masyarakat,” ungkap Kabid Humas Polda Aceh.

(fz/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment