HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke-69: Korlantas Polri Berkomitmen Mempererat Kedekatan & Meningkatkan Kesadaran Berlalu Lintas Bersama Masyarakat

24 September 2024 - 18:09 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Kuningan, Jawa Barat – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Lalu Lintas Bhayangkara ke-69, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri melaksanakan bakti sosial (baksos) di Desa Karamatwangi, Kuningan, Jawa Barat pada Senin (23/9). Sebanyak 2050 paket sembako dibagikan ke warga yang membutuhkan.

Acara ini dipimpin oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan yang secara simbolis menyerahkan paket sembako dan kursi roda, Kakorlantas juga terlibat langsung dalam distribusi sembako ke rumah-rumah warga serta menyerahkan ambulans kepada kepala desa karamatwangi.

"Di desa Karamat wangi kita menyelenggarakan bantuan sosial kemudian bakti kesehatan ada donor darah, pemeriksaan kesehatan umum ada pemeriksaan kesehatan gigi ini masih dalam rangkaian kegiatan hari ulang tahun ke-69," ungkap Kakorlantas Polri.

Irjen Pol Aan Suhanan merupakan putra asli Kuningan yang tumbuh besar di daerah ini. Kedekatannya dengan masyarakat sangat terasa dalam berbagai kegiatan sosial yang dipimpinnya, seperti baksos HUT Lalu Lintas Bhayangkara.

"Setelah 35 tahun ya saya berjuang ya meninggalkan kampung halaman walaupun setiap tahun saya kembali ke sini tapi dalam momentum seperti saat ini jadi mengingatkan saya pada masa-masa kecil ya bukan berarti masa kecil saya kurang bahagia karena saya Terharu," kata Irjen Pol. Aan Suhanan

Melalui kegiatan Bakti sosial ini kehadirannya menunjukkan betapa pentingnya hubungan emosional antara polisi dan masyarakat. Ia berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman dan harmonis.

"Kita ingin berbagi bersama masyarakat kecamatan Karamatwangi dimana waktu dulu saat kecil kami berjuang di sini dari sini sehingga menjadi seperti ini, kami pilih di sini di samping untuk bernostalgia turut juga untuk memotivasi warga masyarakat karawangi kita harus berjuang kita harus rendah hati kita harus berbuat baik," ungkapnya.

Kegiatan ini diisi dengan bakti kesehatan dan pesta rakyat, yang menyajikan berbagai makanan gratis dari pelaku UMKM sebagai bentuk dukungan kepada usaha mikro.

Dengan tema “Polantas Presisi Hadir untuk Indonesia Maju,” acara ini bertujuan menjangkau berbagai kelompok masyarakat, termasuk pengendara ojek online, panti asuhan, panti jompo, buruh tani, supir angkot, penarik becak, pemulung, dan petugas kebersihan.

Sebelumnya, pembagian paket sembako juga dilakukan di lima lokasi berbeda, yaitu Wisma Sahabat Baru dan Jembatan Lima di Jakarta Barat, Kampung Pemulung di Jakarta Utara, serta Terminal Pasar Parung dan Pasar Dramaga di Bogor, dengan total keseluruhan 5.000 paket sembako.

Selain bantuan sosial, kegiatan ini juga mencakup berbagai aktivitas religius seperti dukungan untuk tempat ibadah, distribusi air bersih, anjangsana, bakti kesehatan, doa bersama, pencucian pataka, serta lomba mural, penulisan naskah, puisi, dan fun run.

Diharapkan, kegiatan ini dapat meringankan beban masyarakat dan memperkuat hubungan antara Polri dengan warga. Korlantas Polri mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan momen HUT ke-69 Lalu Lintas Bhayangkara sebagai pengingat akan pentingnya ketertiban berlalu lintas.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Dirut PT. Jasa Raharja Rivan A. Purwanto, Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Pol. Bakharuddin Muhammad Syah, Brigjen Pol. Eddy Djunaedi, Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol. Wibowo, Ketua7 Bhayangkari Cabang BS Korlantas Ny. Dewi Aan Suhanan, Sekda Kab Kuningan A. Taufiq Rahmat, Kepala Desa Kramatwangi Sutardi.

(ta/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment