Gubernur Jabar Pantau Harga dan Ketersediaan Bahan Kebutuhan Pokok di Bandung

29 March 2023 - 20:00 WIB
prfmnews.pikiran-rakyat

Tribratanews.polri.go.id - Bandung. Untuk memastikan ketersedian bahan kebutuhan pokok, Gubernur Jawa Barat Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D., memantau harga dan ketersediaan bahan pokok di Pasar Kiaracondong, Kota Bandung, Selasa (28/3/23). Hampir sepekan bulan Ramadan, beberapa bahan kebutuhan pokok dilaporkan masih mengalami kenaikan harga. Kenaikan harga disebabkan adanya permintaan yang tinggi saat bulan Ramadan.

'Namun demikian, saya pastikan kenaikan harga tersebut masih terhitung wajar. Makanya, saya monitor bahan kebutuhan pokok yang naik masih relatif wajar dan tidak membawa komplain. Ini karena demand yang tinggi saat bulan Ramadan,' jelas Kang Emil sapaan akrabnya, di sela-sela kunjungan.

Baca juga : Polri Pastikan Stok Pangan Aman Hingga Lebaran Idul Fitri 2023

Ia menyebutkan, beberapa komoditas yang harganya naik di pasar tersebut, yaitu beras, cabai, daging sapi, sayuran, bawang, dan ikan. Sebaliknya, sejumlah komoditas pangan terpantau mengalami penurunan harga seperti daging ayam.

"Ada juga yang turun seperti daging ayam dan beberapa produk lainnya. Yang bagus itu minyak goreng, Minyakita, saya cek stabil Rp14.000,” ungkap Kang Emil.

Kang Emil menegaskan, jika pihaknya akan terus memantau harga pangan di berbagai pasar hingga jelang Lebaran nanti. la pun memastikan suplai kebutuhan pokok aman sampai Lebaran.

"Mudah-mudahan kenaikan harga karena sebuah hukum pasar di dalam suasana Ramadan dan Lebaran naiknya wajar, dan kami pastikan suplai aman hingga Lebaran. Untuk itu, masyarakat diminta tidak khawatir karena selain suplai aman, kenaikan harga juga masih dalam batas kewajaran," tutupnya.

(ek/af/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment