Berjiwa Sosial Tinggi, Polisi Dirikan PKBM dan TPA Bagi Anak-Anak Putus Sekolah

10 October 2023 - 21:30 WIB
Foto: Dok. Polri

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Bhabinkamtibmas Kelurahan Srengseng, Polsek Kembangan, Aiptu Agus Riyanto mendirikan sekolah bagi anak-anak yang putus sekolah di kawasan Sawah Balong, Kembangan, Jakarta barat (Jakbar).

Aiptu Agus menuturkan, dirinya sengaja mendirikan sekolah PKBM dan TPA bagi anak-anak yang tidak bersekolah lantaran prihatin dengan kondisi mereka.

"Jadi dulu sebelum Covid-19 sedang kunjungan ke slum area, kita temukan anak-anak yang tidak sekolah, hanya bantu orang tua kumpulkan barang bekas lalu dijual. Di situ timbul ide kita kumpulkan anak-anak kita belajar bersama tiap sore," jelasnya, Selasa (10/10/23).

Baca Juga:  Kapolri Luncurkan Platform Montir Presisi, Dukung UMKM dan Disabilitas

Aiptu Agus menuturkan, TPA dan PKBM ini telah diisi oleh ratusan anak-anak dan remaja yang tidak bisa sekolah karena biaya ataupun yang putus sekolah.

"Ada sekitar 85 anak untuk yang TPA. Kalau untuk PKBM paket a, b, c sekitar 40 orang," jelasnya.

Aiptu Agus mengatakan, Dalam program ini pihaknya menggandeng pihak terkait dalam hal pembelajaran. Salah satunya yakni terkait guru yang mengajar di sekolah tersebut, Proses pembelajaran khusus TPA dilakukan setiap Senin-Jumat mulai pukul 2 siang hingga pukul setengah 6 sore. Siswa dibekali berbagai ilmu oleh sang guru.

"Alhamdulillah respon masyarakat sangat baik. Karena mereka sangat terbantu, khususnya buat anak-anak mereka agar mendapat pendidikan layak, ijazah, dan mendapat pekerjaan," jelasnya.

(rd/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment