Berikut Beberapa Makanan Khas Cirebon

12 August 2022 - 18:57 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Tak heran jika Cirebon terkenal dengan kulinernya sedapnya yang begitu sohor, hingga ke setiap wilayah di Indonesia. Makanan Khas Cirebon, memang tak kalah enak dari kuliner wilayah lainnya. Jumat, (12/08/22).

Terkadang orang sering kali melupakan salah satu tempat yang memiliki olahan paling enak di Jawa Barat, setelah Bandung. Beragam macam olahan mulai dari nasi hingga tahu gejrot petis, kalian akan temui di kota Udang tersebut.

Berikut Beberapa Makanan Khas Cirebon :

1. Tahu Gejrot

Jajanan pinggir jalan khas Cirebon ini memang sudah banyak ditemui diberbagai kota lain selain Cirebon. Namun, tentu akan lebih menarik untuk mencicipi Tahu Gerjot langsung di kota asalnya.

Makanan khas Cirebon ini diolah dari tahu goreng dengan berbagai bumbu seperti gula merah, cabai, bawang putih, dan bumbu lainnya yang dicampurkan menggunakan cobek. Campuran bumbu dan gurihnya tahu memberikan rasa unik yang lezat.

2. Nasi Jamblang

Menyantap nasi dalam balutan daun pisang mungkin sudah biasa Toppers temukan di ragam kuliner khas Nusantara. Namun, di Cirebon kamu bisa mencicipi kuliner khas berupa nasi yang dibungkus menggunakan daun jati.

Makanan khas Cirebon satu ini disajikan dengan pilihan lauk pendamping mulai dari tahu, tempe, ayam goreng dan kuliner khas Cirebon lainnya seperti tumis cumi hitam dan paru goreng.

Menu lauk yang disediakan beraneka ragam, mulai dari tahu dan tempe hingga pilihan gulai ati ampela. Setiap makanannya diolah dengan cara yang berbeda sehingga rasanya tidak sama seperti lauk pauk pada umumnya.

Misalnya tempe goreng dengan kacang kedelai yang jauh lebih padat daripada tempe yang dijual di pasaran. Kemudian telur goreng yang dimasak dengan minyak yang lebih banyak sehingga terasa lebih renyah.

3. Pedesan Entog

Kuliner khas Cirebon yang memiliki cita rasa unik selanjutnya adalah Pedesan Entog. Makanan asal Cirebon ini dibuat dari daging Entog, sejenis unggas yang menyerupai bebek dan disiram dengan kuah pedas. Perpaduan rasa gurih Entog dan olahan bumbu pedas dari makanan khas Cirebon satu ini sangat pas disantap dengan sepiring nasi putih hangat. Dagingnya diolah dengan dicampur rempah-rempah dan diberi banyak cabai untuk menambah rasa pedas.

4. Sate Kalong

Penjualnya menyebut sajian ini sebagai sate kalong karena rumah makannya hanya dibuka saat malam hari hingga pagi hari, persis seperti cara kalong berkeliaran.

Meskipun dikatakan sate Kalong, jenis sate ini tidak berbahan dasar kelelawar. Sate kalong rasanya gurih dan sedikit manis, nyaris sama seperti rasa daging dendeng.

Perpaduan daging kerbau dan sapi membuat makanan khas Cirebon ini memiliki cita rasa yang otentik. Proses membuat sate kalong tergolong panjang. Daging kerbau dan daging sapi yang masih mentah direbus terlebih dahulu hingga empuk, kemudian dilumuri bumbu rahasia.

5. Nasi Lengko

Nasi lengko adalah menu sarapan yang ada di warung pinggir jalan atau pasar-pasar tradisional di Cirebon. Makanan khas Cirebon ini berisi nasi putih, tauge rebus, tempe dan tahu yang kemudian disiram dengan saus kacang, taburan daun kucai dan sedikit kecap.

Share this post

Data Perkembangan Covid-19 Indonesia

Positif

6.431.624

Sembuh

6.255.918

Meninggal

158.112

Sumber: covid19.go.id
Last Updated: 2 October 2022 - 09:01
Sign in to leave a comment