Bantu Korban Dampak Banjir, Baznas RI Distribusikan Air Bersih

24 May 2024 - 17:15 WIB
RRI

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Badan Amil Zakat Nasional RI melalui Baznas Tanggap Bencana (BTB) melakukan aksi resik dan mendistribusikan air bersih. Aksi tersebut dilakukan untuk membantu korban terdampak banjir bandang di wilayah Sumatra Barat (Sumbar).

Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan, mengatakan, rumah warga dan infrastruktur rusak akibat banjir. Akibatnya, masyarakat mengalami kekurangan air bersih, sehingga mengancam kesehatan mereka.

Baca Juga: World Water Forum ke-10 Sepakati Perkuat Manajemen Pengurangan Risiko Bencanai

“Baznas RI terpanggil untuk berperan aktif dan hadir di tengah-tengah masyarakat yang membutuhkan. Kami berkomitmen memberikan bantuan konkret berupa pembersihan lingkungan, serta penyediaan air bersih,” ujarnya, dilansir dari laman RRI, Jumat (24/05/25).

Dalam keterangannya ia menjelaskan, Baznas juga menjalin kolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk mendistribusikan air bersih. Hal ini merupakan langkah penting untuk memastikan ketersediaan air yang aman dan layak dikonsumsi masyarakat.

“Kami berkolaborasi dengan PMI juga menyalurkan 4 truk tanki air bersih untuk masyarakat terdampak bencana. Dengan semangat kebersamaan dan kepedulian, insyaallah kita dapat meringankan beban agar segera bangkit,” ujarnya.

Menurut dia aksi resik dilakukan bertujuan untuk membersihkan lingkungan dari sisa-sisa lumpur dan sampah yang dibawa arus banjir. Aksi resik juga dilakukan untuk meminimalisir risiko penyebaran penyakit, yang dapat timbul akibat banjir.

(fa/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment