World Water Forum ke-10 Sepakati Perkuat Manajemen Pengurangan Risiko Bencanai

24 May 2024 - 14:27 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Badung, 24 Mei 2024 – Pada akhir sesi Proses Regional World Water Forum ke-10, Kamis (23/5/2024) sore, koordinator empat kawasan, yakni Asia-Pasifik, Afrika, Amerika, dan Mediterania mengidentifikasi kesamaan tantangan di wilayah masing-masing dalam mengatasi krisis air sebagai dampak perubahan iklim.

Para koordinator pun menemukenali langkah prioritas terkait dengan krisis air pada tingkat lokal dan regional, berdasarkan pemahaman tentang aspek-aspek prioritas air yang umum dan konteks kewilayahan.

Karena itu, keempat wilayah tersebut menyepakati perlunya penguatan manajemen pengurangan risiko bencana (disaster risk reduction). Manajemen ini penting agar perubahan iklim khususnya terkait krisis air tidak semakin berdampak luas sehingga menimbulkan kerugian ekonomi dan kerusakan lingkungan yang parah.

Baca Juga: BNPT Tekankan Pentingnya Kerja Sama Internasional Untuk Berantas Terorisme

Koordinator Kawasan Asia Pasifik, Chair of Governing Council Asia-Pacific Water Forum (APWF) Changhua Wu saat sesi mengatakan manusia sangat rentan mengalami kerugian ekonomi sebagai dampak perubahan iklim.

Untuk itu Changhua Wu mendorong pembangunan yang inklusif berbasis kesetaraan gender terkait pelestarian lingkungan, termasuk keterlibatan masyarakat dalam peningkatan tata kelola dan katalis keuangan serta mendorong inovasi dan kemajuan teknologi.

"Pembangunan ketahanan penduduk dan kapasitas adaptif dalam menangani bencana merupakan hal yang mendasar bagi pembangunan berkelanjutan di kawasan ini," kata Changhua Wu.

Selain menyoroti dampak perubahan iklim yang perlu segera diatasi bersama, para koordinator dari empat kawasan di atas juga mencatat pentingnya peringatan regulasi yang memberi masyarakat hak atas air sebagai upaya mencegah konflik air. Inovasi, teknologi, keterlibatan kaum muda serta masyarakat, dan solusi penggunaan air juga menjadi daftar identifikasi selanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, koordinator dari kawasan Afrika dan Amerika menyatakan sejumlah hal. Menurut mereka, upaya pengurangan risiko bencana memerlukan investasi dalam infrastruktur air yang berkelanjutan dan multiguna serta komitmen terhadap konservasi pemulihan ekosistem infrastruktur alam. Mereka juga mengemukakan pentingnya menutup kesenjangan ekonomi di masyarakat hingga memperkuat institusi yang ada dengan kerangka peraturan, serta mekanisme koordinasi pada semua tingkatan untuk mengurangi risiko krisis air.

Hal di atas juga menjadi perhatian Presiden World Water Council (WWC) Loic Fauchon saat membuka proses regional pada Selasa (21/5/2024) lalu. Ia menegaskan sesi proses regional sangat penting dan akan menjadi tonggak yang signifikan dari keseluruhan pembahasan tentang air dalam minggu ini.

Turut hadir sejumlah pembicara dalam sesi tersebut, di antaranya Presiden Mediterranean Water Institute (IME) Alain Meyssonnier, CEO of Sabesp Benedito Braga, Executive Secretary of African Ministers’ Council on Water (AMCOW) Rashid Mbaziira, Chair of Governing Council Asia-Pacific Water Forum (APWF) Changhua Wu, dan Eelco Van Beek dari Asian Development Bank (ADB).

(ta/hn/nm)

in

Share this post

Sign in to leave a comment