Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sulteng Lepaskan Satwa Langka Asal Wakatobi

16 March 2023 - 10:50 WIB
Antaranews.com

Tribratanews.polri.go.id - Kendari. BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Daerah Sulawesi Tenggara melepas satwa langka jenis burung kacamata asal Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sultra.

Kepala Balai KSDA Sultra, Sakrianto Djawie, SP.,M.Si., mengatakan pihaknya melepas satwa langka itu sekaligus untuk memperingati Hari Bhakti Rimbawan dan Road To (menuju) Hari Konservasi Alam Nasional 2023.

Baca juga : Polisi Bersama Masyarakat Perbaiki Jembatan Rusak di Keerom

"Pada Selasa, 14 Maret 2023, pukul 08.10 Wita, BKSDA Sultra telah melepas satwa dari hasil temuan dalam rangka memperingati Hari Bhakti Rimbawan dan Road To Hari Konservasi Alam Nasional tahun 2023," jelasnya seperti dilansir Antaranews, Kendari (14/3/23).

Sakrianto menjelaskan bahwa satwa langka yang dilepaskan berupa burung kacamata (Zopterops Flavissimus) atau burung endemik asal Kabupaten Wakatobi sebanyak 40 ekor dalam kondisi sehat dan layak.

Pelepasan satwa langka tersebut, pihaknya bekerjasama dengan Balai Taman Nasional Wakatobi, Karantina Wilayah Wanci, dan pemerintah Kecamatan Wangi-wangi Selatan, serta tokoh adat Mandati.

"Melalui Balai Taman Nasional Wakatobi melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat untuk lokasi pelepasan burung itu," ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Sakrianti menjelaskan pihaknya juga memberikan edukasi terkait dengan pelestarian burung kacamata asal Wakatobi yang menjadi aset daerah.

(fa/af/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment