Antisipasi Kenaikan Harga, Satgas Pangan Polri Cek Pasar di Kota Bandung

9 April 2023 - 15:01 WIB
Antaranews.com

Tribratanews.polri.go.id - Bandung. Dalam rangka mengantisipasi kenaikan harga bahan pangan menjelang Lebaran 2023, Satgas Pangan Polri melakukan pengecekan ke sejumlah pasar di Kota Bandung, Jawa Barat. Anggota Satgas Pangan Bareskrim Polri, Kombes. Pol. Eka Mulyana, S.I.K., mengungkapkan bahwa pengecekan tersebut untuk memastikan distribusi, ketersediaan, kualitas, hingga harga bahan pokok.

"Kami turun ke daerah seluruhnya untuk mengecek langsung bagaimana terkait dengan distribusi ketersediaan maupun harga. Akan tetapi, harus dipastikan barang-barang pokok penting itu ada di pasar," jelas Kombes. Pol. Eka setelah melakukan pengecekan di Pasar Sederhana, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (8/4/23). 

Dari hasil pengecekan tersebut, ia mengatakan bahwa pihaknya akan menganalisis jika ada kenaikan harga suatu komoditas. 

Baca Juga: Tahun Ini, Jatim Jadi Provinsi Tujuan Mudik Tertinggi

"Di sini akan kelihatan 'kan mana barang-barang harga itu naik, mungkin itu akibat ketersediaan barang yang kurangkah, atau distribusi kurang lancar, itu harus diantisipasi," jelasnya lebih lanjut. 

Mantan Kapolres Lampung Utara itu juga mengungkapkan bahwa apabila terindikasi ada ketersediaan komoditas yang kurang, pihaknya bisa mendorong daerah lain untuk meningkatkan pasokan ke Kota Bandung sehingga harga bisa tetap stabil menjelang Lebaran 2023. Misalnya, bawang merah kurang, pihaknya lalu berkoordinasi dengan Brebes. Begitu pula, kalau telur kurang, pihaknya berkoordinasi dengan Blitar yang daerahnya surplus.

Namun, setelah mengecek Pasar Sederhana itu, ia menilai harga sejumlah komoditas relatif stabil. Bahkan, ada beberapa komoditas yang harganya mengalami penurunan. 

(my/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment