Menteri PPPA: Pembangunan Bisnis Berkelanjutan Butuh Partisipasi Perempuan

23 October 2022 - 07:50 WIB
Foto : (kemenpppa.go.id)

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga mendorong pembangunan bisnis berkelanjutan yang melibatkan peran partisipasi perempuan, dan menerapkan program yang berperspektif gender. Hal itu dilaksanakan guna mencapai tujuan ke 5 Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs), yakni Mencapai Kesetaraan Gender dan Memberdayakan Kaum Perempuan, khususnya di ranah dunia usaha.

Baca juga : Polres Rejang Lebong Amankan Pria 22 Tahun Pelaku Sodomi Anak Dibawah Umur

“Tidak akan ada pembangunan berkelanjutan, tanpa partisipasi perempuan dan laki-laki yang setara. Secara angka, penduduk Indonesia berjumlah lebih dari 270 juta jiwa dan merupakan negara dengan penduduk terbanyak keempat di dunia. Hampir separuh penduduk kita adalah perempuan, dan sekitar 70 persen penduduk adalah usia kerja. Terlebih lagi, separuh dari UMKM kita juga dimiliki dan dijalankan oleh perempuan,” ungkap Menteri PPPA dalam acara Penghargaan B20 Sustainability 4.0 Awards.

Dari angka tersebut, Menteri PPPA optimis, mendorong pemberdayaan perempuan akan memberikan dampak yang besar bagi bangsa, khususnya dalam mencapai SDGs.

Dilansir dari kemenpppa.go.id, Menteri PPPA juga mendorong peran serta pelaku usaha baik individu maupun perusahaan untuk menciptakan usaha yang berperspektif gender.

“Saya berharap, seluruh partisipan Penghargaan B20 Sustainability 4.0 Awards dapat melihat melalui lensa gender dalam mengimplementasikan program dan menciptakan inovasi. Saya berharap para partisipan juga bisa menginspirasi orang lain untuk mempertimbangkan perspektif gender di berbagai bidang pekerjaan dan sektor. Sehingga, kita dapat memberdayakan perempuan dan menutup kesenjangan gender untuk mencapai masa depan yang inklusif, sejahtera, dan berkelanjutan untuk semua,” ungkap Menteri PPPA.

Penghargaan B20 Sustainability 4.0 Awards diberikan untuk pelaku bisnis maupun individu yang menciptakan inovasi dalam meningkatkan praktik keberlanjutan yang inklusif melalui tiga pilar. Tiga pilar Tujuan Pembangunan Berkelanjutan tersebut, diantaranya, Akses terhadap Air Bersih (SDGs 6), Pengurangan dan Penggunaan Ulang Plastik (SDGs 12), dan Perempuan dalam Berkelanjutan (SDGs 5).

(fz/hn/um)


in PPPA
# PPPA

Share this post

Sign in to leave a comment