KemenPPPA Dorong Pelibatan Anak dalam Kegiatan Positif selama Ramadan

4 April 2024 - 19:00 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) mendorong pelibatan anak-anak dalam beragam kegiatan positif selama bulan Ramadan.

"Di balik kewajiban berpuasa dan menahan diri, banyak aktivitas bermanfaat yang dapat dilakukan oleh anak-anak pada bulan Ramadhan," ujar Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak Kementerian PPPA Pribudiarta Nur Sitepu dalam keterangan di Jakarta, Rabu (3/4/24).

Deputi Pribudiarta mencontohkan, salah satu praktik baik pelibatan anak dalam kegiatan positif yakni dengan mengikutsertakan anak dalam penyelenggaraan kegiatan di masjid. Misalnya, dengan mendorong anak-anak untuk bertilawah Al-quran dalam kegiatan pengajian. 

Baca Juga: Polda Sulut Bersama Instansi Terkait Siap Amankan Idul Fitri 1445 H

Selain itu satu pekan sekali mengumandangkan adzan oleh anak-anak. Deputi Pribudiarta menuturkan secara konstitusi, hak anak yang berkaitan dengan kesehatan dan pendidikan ditegaskan dalam Undang-Undang Dasar Tahun 1945 Pasal 28B, bahwa setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang, serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Pemerintah juga telah menetapkan bahwa salah satu prioritas nasional adalah meningkatkan SDM berkualitas dan berdaya saing. Ia memaparkan angka Indeks Perlindungan Anak (IPA) pada 2022 berhasil meningkat dibandingkan 2021 yaitu 63,30.

Namun selama dua tahun terakhir, capaian IPA belum mampu memenuhi target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

"Kami mengidentifikasi klaster mana yang paling rendah yaitu pendidikan, pemanfaatan waktu luang, dan kreativitas budaya. Aspek ini yang paling terganggu dengan adanya pandemi COVID-19 dan tidak mengalami perubahan yang signifikan dalam dua tahun terakhir," terang Deputi Pribudiarta.

(ndt/pr/nm)

in PPPA

Share this post

Sign in to leave a comment