Gelar Pelatihan ‘Polwan Manise’, Ini Cara Polda Maluku Cegah Kekerasan Seksual Pada Anak

11 November 2022 - 09:31 WIB
Foto : malukuterkini

Tribratanews.polri.go.id - Maluku. Biro SDM Polda Maluku menggelar pelatihan bertajuk ‘Polwan Manise Peduli Kekerasan Seksual Anak’. Pelatihan ini menggandeng pihak PGSD Universitas Pattimura Ambon dan digelar di aula kampus tersebut, Kamis (10/11/22).

Dalam kegiatan tersebut dibuka oleh Wadir Binmas Polda Maluku, AKBP Rositah Umasugi, selaku Kakorps Polwan Polda Maluku.

Wadir Binmas mengatakan kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan bentuk dari kepedulian atas tindakan kekerasan seksual yang banyak menimpa anak-anak dibawah umur. 

“Kegiatan pelatihan ini adalah salah satu program yang kami canangkan di akhir tahun 2022,” ungkap Wadir Binmas dilansir dari portal berita malukuterkini.

Baca Juga : Polisi Amankan Pelaku Pencabulan Anak Usia 8 Tahun

Perwira menengah tersebut sangat menyayangkan ketika beberapa waktu yang lalu pihaknya mendengar di media sosial serta media online lainnya terkait perkembangan kasus kekerasan terhadap anak.

Berdasarkan data dari Kepala Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak Dinas (P3A) Provinsi Maluku, kasus kekerasan seksual yang menimpa anak pada tahun 2022 tercatat sebanyak 24 kasus persetubuhan dan 15 kasus pencabulan. 

"Terdapat juga 17 kasus kekerasan terhadap anak, 4 kasus penelantaran anak, dan 2 kasus perdagangan anak, " ungkap perwira berpangkat melati dua tersebut. 

Dalam menyikapi situasi serta kondisi tersebut, AKBP Rositah mengaku ikut terpanggil untuk berbuat yang terbaik menyikapi persoalan tersebut.

Mantan Kapolres Maluku Tengah ini juga ikut mengajak para peserta agar dapat menyatukan persepsi serta pemahaman terkait apa itu kekerasan terhadap perempuan dan anak.

(fa/hn/um)


Share this post

Sign in to leave a comment