Berikut Beberapa Manfaat Plank Untuk Tubuh

30 September 2022 - 06:17 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Manfaat olahraga plank cukup banyak, apalagi jika dilakukan secara rutin setiap harinya. Diketahui, plank merupakan salah satu olahraga yang belakangan ini populer di belahan dunia. Meskipun plank masuk dalam jenis olahraga ringan, namun memiliki banyak manfaat. Kamis, (29/09/22).

Utamanya yaitu untuk menurunkan berat badan atau untuk mengecilkan perut. Kunci terpenting dalam olahraga plank adalah konsisten melakukannya setiap hari.

Berikut Beberapa Manfaat Plank Untuk Tubuh :

1. Mengaktifkan Banyak Otot

Biasanya sit up dan crunch disarankan untuk melatih otot perut, akan tetapi kalau kamu measa kesulitan melakukan kedua gerakan tadi, sebaiknya mencoba plank.

Plank ternyata tidak hanya melatih otot perut saja, sebab otot di seluruh tubuh juga terlibat. Pasalnya saat melakukan plank, kamu membutuhkan lengan, kaki, dan semua perut. Dengan begitu, maka plank menjadi olahraga yang tepat untuk melatih banyak otot tubuh.

2. Memperbaiki Postur Tubuh

Jika memiliki masalah dengan sakit punggung karena duduk saat bekerja terlalu lama, maka disarankan melakukan plank. Sebab, plank dapat memperbaiki postur tubuh.

Hal ini dikarenakan plank itu dapat memperkuat punggung, dada, bahu, leher, dan perut. Oleh sebab itu gerakan plank ini dapat menjaga bahu tetap tegak dan punggung bawah dalam posisi netral saat duduk atau berdiri, di mana dua komponen penting dari postur yang baik.

Selain itu, plank juga membantu mengembangkan kekuatan isometrik pada otot inti, yang memberi, agar kamu tidak membungkuk saat berdiri atau duduk untuk waktu lama.

3. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Ternyata plank dapat membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh. Otot yang terlibat dalam plank termasuk bahu, tulang selangka, hingga tulang belikat.

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Plank dapat memperkuat kelompok otot besar di seluruh tubuh. Di mana dengan otot yang makin kuat, maka kalori yang terbakar pun banyak, bahkan saat kamu sedang istirahat.

Dengan rutin melakukan plank maka kalori yang terbakar makin efektif dan risiko penambahan berat badan pun berkurang.

Share this post

Sign in to leave a comment