Berikut Beberapa Persiapan Yang Harus Dilakukan Sebelum Berolahraga Pagi

30 September 2022 - 01:41 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Jika kamu ingin memulai rutin berolahraga dengan minim budget dan mudah dilakukan, jawabannya adalah berlari. Olahraga lari bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, misalnya saja bisa lari sekitar rumah atau kompleks. Kamis, (29/09/22).

Karena manfaat lari pagi sangat luar biasa. Namun, ada hal yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan olahraga lari pagi yang harus mempersiapkan beberapa hal.

Dalam persiapan tersebut akan berguna supaya kamu bisa memperoleh manfaat lari pagi dengan maksimal. Meski begitu, perlu diingat bahwa kita juga harus mempersiapkan beberapa hal sebelum melakukan olahraga pagi. Persiapan ini berguna supaya kita bisa mendapatkan manfaat lari pagi dengan maksimal untuk kesehatan kita.

Berikut Beberapa Persiapan Yang Harus Dilakukan Sebelum Berolahraga Pagi :

1. Bangun Tidur Lebih Awal dan Sarapan

Semakin pagi memulai sarapan, semakin cepat kita juga bisa memulai olahraga lari pagi. Penting untuk diingat bahwa kita baru bisa lari pagi setidaknya satu jam setelah sarapan.

Saat sarapan, konsumsi makanan yang tidak terlalu berat, misalnya roti tawar gandum, susu rendah lemak, jus tanpa gula, atau pisang.

Sarapan ringan dalam jumlah sedikit sudah cukup menjadi "bahan bakar" untuk lari pagi. Jangan lupa untuk minum air putih.

2. Lakukan Pemanasan

Lari pagi membutuhkan waktu pemanasan yang lebih lama dibanding lari pada sore hari karena otot masih dalam keadaan kaku selepas tidur malam.

Mulailah pemanasan dengan berjalan kaki dan mengangkat lengan ke atas untuk mempercepat detak jantung. Lalu dilanjutkan dengan bernapas dalam menggunakan otot dada dan perut. Setelah lima menit, putar pergelangan kaki, lutut, dan kepala supaya persendian juga tidak kaku.

3. Pilih Rute yang Bebas Polusi

Tidak apa-apa jika ingin berganti rute setiap lari pagi untuk menghindari kebosanan.

Namun, pastikan area itu bebas polusi atau setidaknya tidak terlalu ramai dilalui oleh kendaraan bermotor pada pagi hari. Lari pagi sebaiknya dilakukan di sekitar area rumah, misalnya di taman terdekat.

Untuk mendapatkan manfaatnya, jadikan lari pagi sebagai latihan rutin, misalnya 25 menit per hari selama lima hari dalam satu minggu.

4. Kombinasikan Latihan

Untuk membuat lari pagi semakin menantang, kita juga bisa mengombinasikannya dengan latihan beban untuk membentuk otot. Saat lari pagi, kita juga bisa berhenti sejenak dan melakukan push-up atau sit-up selama 15 hingga 20 detik.

Lakukan sebanyak tiga kali dalam aktivitas lari pagi. Hindari melakukannya lebih dari itu karena bisa saja membuat kita cedera.

5. Pendinginan

Tubuh masih membakar kalori ketika kita berhenti lari pagi, apalagi jika melakukan sprint atau lari cepat. Untuk menyesuaikan tubuh dari olahraga ke fase istirahat, kita sebaiknya melakukan pendinginan, misalnya dengan berjalan kaki.

Share this post

Sign in to leave a comment