Ini Manfaat Gerakan Kayang Untuk Kesehatan

20 December 2022 - 20:40 WIB
Foto : kumparan.com

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kayang adalah salah satu teknik dasar dalam gerakan senam lantai memiliki banyak manfaat. Di antaranya dapat melatih kelenturan tubuh. Karena gerakannya menyerupai bentuk busur sehingga berfungsi untuk meregangkan bagian dada, bahu, dan pinggul. Biasanya orang yang mampu melakukan gerakan ini mempunyai tubuh yang prima dan kelenturan tubuh yang sangat baik.

Baca juga : Presiden FIFA: Piala Dunia 2022, Terbaik dalam Sejarah Sepakbola

Berikut ini beberapa manfaat kayang untuk tubuh dilansir dari idntimes.com, Selasa (20/12/22).

1. Menjaga kesehatan jantung
Karena saat melakukan kayang, jantung akan berdetak lebih teratur. Sehingga peredaran darah dari dan menuju jantung akan lebih lancar.

2. Meningkatkan kelenturan perut
Ketika melakukan sikap kayang, otot perut akan lebih meregang dan ditarik. Alhasil, otot perut menjadi makin lentur dan tidak kaku saat berolahraga.

3. Meningkatkan kelenturan bahu
Sebab saat melakukan kayang kedua angan menjadi tumpuan. Alhasil, otot pada bahu akan bekerja secara optimal.
Jika dilakukan secara rutin, otot bahu menjadi makin fleksibel. Selain itu, otot juga menjadi lebih terbiasa dan tidak kaku.

4. Membakar Kalori
Melakukan kayang secara rutin salah satu solusi untuk membakar kalori lainnya. Kalori yang dibakar saat melakukan gerakan kayang adalah pada bagian lengan dan perut.

5. Membantu pembentukan tubuh ideal
Dengan melakukan kayang, kalori dalam tubuh secara perlahan akan terbakar. Dengan mengombinasikan gerakan kayang bersama olahraga lainnya, tubuh akan lebih berotot, terutama pada bagian perut.

6. Menambah daya tahan tubuh
Secara umum, rutin berolahraga membantu meningkatkan daya tahan tubuh, termasuk gerakan kayang. Dengan berolahraga secara teratur, tubuh akan menciptakan sistem imun yang otomatis meningkatkan daya tahan tubuh.

7. Memperkuat otot tubuh
Otot-otot tubuh otomatis akan bekerja saat kamu melakukan gerakan kayang. Jika dibiasakan, otot-otot tersebut akan terlatih untuk melakukan aktivitas-aktivitas berat dan membuatnya makin kuat.

8. Menguatkan lengan dan bahu
Seperti yang diketahui, lengan dan bahu menjadi anggota tubuh yang menjadi tumpuan dalam melakukan gerakan kayang. Oleh sebab itu, otot lengan dan bahu akan lebih terlatih jika rutin melakukan kayang.

(ek/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment