Wapres Ma'ruf Amin Minta Semua Pihak Tak Muda Terprovokasi di Tahun Politik

24 October 2023 - 16:19 WIB
Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta semua pihak, termasuk santri untuk bijak menyikapi perbedaan dalam pemilu serta tidak mudah terprovokasi di tahun politik.

"Di sini kita harus menjaga. Kita harus hati-hati dengan provokasi," tegas Wapres Ma'ruf Amin, Selasa (24/10/23).

Wapres Ma'ruf Amin menyampaikan provokasi semata-mata dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab yang ingin melihat perpecahan di Indonesia. Dengan demikian, Wapres menekankan bahwa kehati-hatian merupakan sebuah keniscayaan.

"Sekarang menghadapi pemilu harus menjaga dari mereka yang ingin merusak, mengadu domba, saya mengatakan hati-hati," tutur Wapres Ma'ruf Amin.

Baca Juga:  Lemkapi Harap Pemeriksaan Ketua KPK oleh Polri Dilakukan Profesional dan Transparan

Wapres Ma'ruf Amin menyampaikan kehati-hatian tersebut merupakan bagian dari kesepakatan nasional para pendiri bangsa yang bertujuan untuk terus menjaga persatuan Indonesia, dan menjaga persatuan merupakan salah satu tanggung jawab santri.

"Ini merupakan bagian kesepakatan nasional. Pancasila, UUD 1945, NKRI adalah konsensus nasional, kesepakatan nasional. Saya mengatakan itu adalah al mitsaqul wathani. Karena itu, kita tidak boleh mencederai mitsaqul wathani. Kalau kita mencederai prinsip-prinsip ini, maka kita disebut sebagai mukhalafatul mitsaq, menyalahi kesepakatan," papar Wapres Ma'ruf Amin.

"Siapa yang mengancammu (negara), dia akan binasa karena akan berhadapan dengan para santri di seluruh Indonesia," tambah Wapres Ma'ruf Amin.

Terakhir, Wapres Ma'ruf Amin berpesan kepada para santri untuk terus bangkit membawa semangat perbaikan dalam membawa Indonesia ke arah yang lebih baik.

"Mari kita bangkitkan kembali santri sebagai rijalul muslihin (membawa perbaikan), santri sebagai khafadzatun wathan, penjaga Tanah Air, dan santri sebagai mu'ammirinal ardha, sebagai pemakmur bumi," jelas Wapres Ma'ruf Amin.

(ndt/pr/nm)

in Opini

Share this post

Sign in to leave a comment