Tips Aman Menyiapkan MPASI di Bulan Puasa, Ini Dia Solusinya

10 April 2023 - 08:34 WIB
Grouu

Tribratanews.polri.go.id - Saat bayi berusia 6 bulan, kebutuhan gizi mereka tidak akan tercukupi jika hanya minum ASI. Apalagi, bayi mulai membutuhkan banyak nutrisi untuk perkembangan dan pertumbuhannya. Karena itulah, perlu diberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI).

"Untuk bayi usia 6 sampai 12 bulan tentunya diberikan makanan yang bertahap. Di atas usia 12 bulan itu sama seperti orang dewasa tapi bumbu masaknya jangan terlalu merangsang, Misalnya terlalu asin, terlalu pedas, itu tidak bagus untuk bayi. Jadi normal saja," ujar Ahli Nutrisi, Andriyanto.

Baca Juga: Studi Menyebut Tidur Berlebihan Bisa Beresiko Terkena Stroke

Menyiapkan MPASI menjadi hal yang gampang-gampang susah, apalagi di bulan yang suci ini, ketika jam memasak para bunda berubah, dilakukan sore hari menjelang berbuka puasa.

Menurut Andriyanto, bagi orang tua yang memilih untuk menyiapkan MPASI berbasis frozen food, maka penting untuk memperhatikan proses pencairan makanan sebelum dikonsumsi.

"Ambil secukupnya untuk lauk anak dan simpan sisanya di freezer agar kualitas tetap bagus dan tidak memicu pertumbuhan bakteri dalam makanan," tuturnya.

Nah, agar para bunda tak perlu repot menyiapkan MPASI bagi si kecil di ini, para bunda dapat memanfaatkan jasa katering MPASI, Grouu Baby Food.

Grouu memiliki tips aman menghangatkan makanan bagi si kecil. Yakni, setelah paket sampai, produk dicairkan pada suhu ruang sehingga mudah dikeluarkan. Kemudian pindahkan ke wadah kecil yang tahan beku untuk dibagi-bagi sesuai porsi 1 kali makan si kecil. Simpan dalam freezer. Saat ingin makan langsung ambil per porsi kecil tersebut untuk dihangatkan. Atau bisa pindahkan ke chiller jika ingin ingin dimakan dalam waktu 2 hari.

Kedua, perhatikan masa penyimpanan Grouu. Untuk suhu ruang tidak lebih dari 4 jam, dalam chiller bisa 48 jam, dan freezer selama 2 bulan terhitung dari tanggal pengiriman.

Tips aman berikutnya adalah cek kondisi produk sebelum dikonsumsi, mulai dari rasa, tekstur, aroma, dan warna.

Sejak berdiri pada Agustus 2020, Grouu telah menghadirkan gourmet baby food catering yang aman dikonsumsi oleh bayi berusia 6 bulan ke atas. Tak perlu khawatir, karena setiap menu yang dihadirkan diracik bersama dengan tim ahli gizi, food scientist, dan koki untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian pada bayi.

Menjanjikan makanan dengan bahan-bahan yang selalu segar, Grouu Baby Food memastikan setiap makanan bebas dari kandungan pengawet, pewarna, dan perasa buatan, serta tambahan garam dan gula.

Menariknya lagi, Grouu menawarkan berbagai pilihan paket makanan untuk MPASI anak, mulai dari Food Catering, Ala Carte Meals, Ready to Eats, dan Cooking Series. Setiap paketnya terdiri dari variasi menu yang disediakan dengan berbagai tekstur sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan bayi di usia perkembangannya, yakni Blender/Puree (6-8 bulan), Lumat/Mashed (8-10 bulan), Cincang/Minced (10 bulan +).

(sy/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment