Sederet Kebudayaan Indonesia yang Mendunia

4 February 2023 - 05:00 WIB
Gramedia.com

Tribratanews.polri.go.id - Indonesia memiliki keragaman budaya tradisi yang sangat melimpah. Hampir di setiap daerah memiliki kebudayaan tersendiri yang menjadi ciri khas dan identitas dari daerah tersebut. Tidak heran jika kebudayaan dan tradisi asal Indonesia mampu dikenal hingga mancanegara. Hal itu tidak terlepas dari keunikannya yang syarat akan nilai-nilai tradisi dan leluhur nenek moyang.

Baca juga : Inilah Destinasi Yogyakarta yang Menarik Dikunjungi

Melansir dari mankubar.sch.id, Jumat (3/2/23), Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak keistimewaan berupa kebudayaan yang melimpah. Inilah kebudayaan Indonesia yang mendunia : 

1. Batik

Ini adalah kain yang memiliki warna dan motif yang unik yang menjadi ciri khas dari berbagai daerah. Batik termasuk budaya asli Indonesia yang diakui oleh UNESCO. Batik tidak hanya dijadikan simbol atau sekadar pajangan saja. Tapi, penggunaan batik telah diimplementasikan ke dalam kehidupan masyarakat. Contohnya, batik digunakan untuk seragam kerja, seragam sekolah hingga cendera mata. 

2. Angklung

Kekayaan budaya asal Indonesia yang berbentuk alat musik ini terbuat dari bambu. Cara memainkan alatnmusik khas Jawa Barat ini dengan digoyangkan. Angklung memperoleh pengakuan dari UNESCO dan termasuk bagian dari World Heritage.

3. Gamelan

Salah satu budaya tradisi yang sangat populer di nusantara adalah Gamelang. Kebudayaan ini banyak menarik perhatian orang di mancanegara untuk mempelajarinya. Rangkaian musik gamelan mampu menghasilkan musik yang indah dan berkarakter.
New Zealand School of Music adalah salah satu sekolah yang menjadikan gamelan sebagai objek pembelajaran.

4. Seni Wayang

Wayang termasuk warisan budaya yang rupanya telah dimasukkan ke dalam UNESCO semenjak 2003. Banyak para turis yang terpukau dengan kesenian asal Jawa Tengah ini, bahkan tidak sungkan untuk mempelajarinya.

5.Tari Saman

Dikenal juga sebagai tarian yang unik karena melibatkan banyak orang. Tari saman masuk ke daftar warisan budaya yang diakui UNESCO. Umumnya, tarian ini digelar untuk merayakan momen penting dalam suatu acara adat atau acara formal kenegaraan.

6. Reog Ponorogo

Salah salah satu kebudayaan yang berasal dari Jawa Timur ini termasuk kesenian tradisional yang menampilkan tarian reog dan hingga kini masih dilestarikan.

7. Lagu Sayang-sayange

Lagu Sayang-sayange termasuk warisan budaya yang tidak hanya terkenal di nusantara, tapi juga di negara tetangga. Lagu ini termasuk lagu yang dinyanyikan oleh anak-anak dan memiliki lirik yang pendek.
Lagu ini menggambarkan keceriaan dan mampu mencairkan suasana, sehingga sering dinyanyikan untuk acara-acara berbasis kebudayaan.

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment