Inilah Makanan Khas Kalimantan Selatan yang Wajib Dicoba

1 May 2023 - 22:00 WIB
Foto: Wikipedia

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Berlibur ke Provinsi Kalimantan Selatan tentu akan disuguhkan dengan berbagai wisata alam serta makanan khas dari Kalimantan selatan yang sangat nikmat.

Tak sekadar dapat menikmati wisata alam kita juga dapat menikmati berbagai ragam kuliner khas yang pastinya menggugah selera.

Provinsi dengan ibukota Banjarbaru ini memiliki kuliner khas yang unik dan menjadi buruan bagi banyak wisatawan.

Inilah makanan khas Kalimantan Selatan yang wajib dicicipi ketika berlibur di Kalimantan Selatan, dilansir dari gramedia.com.

Baca Juga:  Polisi Sita Ratusan Petasan dan Balon Udara Liar di Pekalongan

1. Soto Banjar

Makanan yang paling populer hingga se-Indonesia adalah Soto Banjar. Tidak jarang berbagai restoran yang ada di Indonesia, terutama restoran yang menyajikan menu tradisional turut menyuguhkan menu yang satu ini.

Meskipun di Indonesia ini banyak sekali menu soto, tetapi yang membedakan antara soto banjar dengan jenis soto yang lainnya adalah kuah dari soto banjar yang cenderung bening dan menyerupai olahan sop.

Makanan yang satu ini paling cocok bila disantap dengan menggunakan ketupat dan sate, bukan nasi hangat.

2. Ketupat Kandangan

Makanan khas Kalimantan Selatan berikutnya yang juga cukup populer adalah ketupat kandangan.

Bahan baku yang digunakan untuk membuat ketupat ini adalah beras, hanya saja tekstur dari ketupat ini cenderung sedikit lebih keras dibandingkan dengan ketupat pada umumnya.

Sebagai bahan pelengkap, biasanya ketupat ini disajikan bersamaan dengan ikan gabus atau ikan ikan. Teknik pengolahan ikan bukan dengan cara digoreng, melainkan dimasak menggunakan santan. Kuah tersebut, nantinya akan disiram pada ketupat.

Makanan khas Kalimantan Selatan ini sangat cocok untuk dikonsumsi pada siang maupun sore hari.

3. Manday

Kuliner yang satu ini menggunakan bahan dasar dari kulit cempedak atau masyarakat sekitar menyebutnya sebagai tiwadak. Cara membuat manday adalah dengan mengawetkan kulit cempedak pada jangka waktu tertentu.

4. Gangan Asam Banjar

Gangan dalam bahasa Kalimantan Selatan berarti sayur. Jadi gangan asam adalah sayur asam. Sayur asam yang ada di daerah Banjarmasin tentunya berbeda dengan sayur asam yang umumnya ditemui.

Gangan asam ini memiliki warna kuning, karena terbuat dari kunyit. Rasanya asam segar dan juga gurih. Karena sayur yang satu ini juga memakai tambahan ikan gabus atau ikan harian, bahkan terkadang menggunakan ikan patin.

5. Iwak Pakasam / Iwak Basamu

Iwak pakasam atau yang juga disebut dengan iwak basamu adalah makanan yang terbuat dari ikan yang diawetkan.

Teknik mengawetkan ikan ini, memakai bahan kunyit, garam, dan juga beras yang sudah disangrai sebelumnya, lalu ditumbuk kasar.
Adapun jenis ikan yang umumnya diawetkan antara lain ikan gabus, sepat, papuyu, dan saluang.

6. Lontong Orari

Lontong orari merupakan salah satu menu yang bisa Grameds nikmati, baik pada pagi, siang maupun malam hari. Bila dilihat dari tampilannya, lontong orari ini serupa dengan lontong sayur pada umumnya.

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment