Catat! Ini 5 Pengganti Garam yang Bisa Bikin Masakan Gurih

26 May 2023 - 22:00 WIB
Foto: Pexels

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Garam umum dipakai sebagai bumbu yang membuat masakan gurih dan enak. Tetapi selain garam ada 5 bahan makanan lain yang bisa jadi pengganti garam.

Garam biasa ditambahkan pada segala jenis masakan, seperti tumisan, sayur, gorengan, hingga kue yang manis. Tak hanya memberikan rasa asin, tapi garam juga bisa ditambahkan untuk menyempurnakan rasa.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, Kamis (25/5/23), sebenarnya garam bisa didapatkan dengan mudah, namun bisa diganti dengan beberapa bahan. Cocok jika kamu sedang kehabisan atau mengurangi asupan garam.

Baca Juga:  WNI di India Ikut Terdampak Cuaca Panas

1. Buah dan Sayuran yang Diawetkan

Pengganti garam bisa didapatkan dari buah dan sayuran yang diawetkan. Biasanya buah atau sayuran ini nantinya memiliki rasa asin yang kuat, seperti tongcai. Tongcai terbuat dari sawi putih yang diasinkan.

Tongcai ini biasa disajikan sebagai pelengkap hidangan. Banyak yang menambahkan tongcai ini untuk menikmati seporsi bakmi maupun bubur ayam. Rasa asin tongcai ini terasa sedap, jadi membuat makan makin berselera.

2. Kecap Asin

Kecap terdiri dari berbagai jenis, ada yang manis dan asin. Kecap asin yang dikenal dengan nama shoyu di Jepang ini memiliki rasa asin yang kuat. Jenis kecap ini memberikan rasa umami pada masakan Jepang.

Kecap asin bisa disajikan bersama sushi. Kamu juga bisa menggunakannya untuk membumbui masakan yang ditumis. Nasi goreng juga bisa kamu bumbui kecap asin.

Tak hanya untuk bumbu, tapi kecap asin juga bisa dijadikan sebagai campuran kuah ramen. Kuah ramen berbumbu dasar kecap asin ini memiliki rasa yang light dan agak bening.

3. Miso

Miso merupakan pasta kacang kedelai yang difermentasi. Biasanya miso digunakan untuk hidangan berkuah khas Jepang, seperti sup rumput laut dan kuah ramen. Tak hanya rasa gurih, tapi miso juga memberikan sensasi creamy.

Selain makanan berkuah, miso juga bisa digunakan untuk marinasi ikan. Miso yang digunakan sebagai alternatif garam ini juga bisa dipakai untuk membumbui sayuran panggang, bahkan saus pasta.

Miso mirip kecap asin yang menawarkan rasa asin umami. Cocok digunakan sebagai pengganti garam kosher pada setiap resep makanan gurih.

4. Ikan Teri

Ikan teri juga populer di Indonesia dan memiliki beragam jenis. Rasanya yang asin membuat lauk dari ikan asin tak perlu lagi menggunakan garam.

Jika membuat sambal ikan teri, tak perlu lagi menambahkan garam. Karena, ditakutkan akan terlalu asin. Ikan teri itu juga bisa diulek langsung bersama sambal yang pedas.

5. Keju

Keju memiliki karakteristik creamy dan rasa asin yang cukup kuat. Keju ini cocok dipadukan dengan sajian pasta, rasa gurihnya sangat pas di lidah.

Beberapa jenis keju yang bisa menggantikan garam tentunya memiliki kandungan garam tinggi. Hindari mozzarella, pilihlah parmesan, pecorino, dan feta.

6. Salted Butter (Mentega Asin)

Mentega dibedakan menjadi dua jenis, yaitu yang rasa asinnya kuat maupun tanpa rasa. Sebagian orang lebih suka memasak dengan mentega tanpa rasa, karena tak terlalu asin.

Namun, saat kehabisan garam kamu bisa menggunakan mentega asin. Mentega asin ini bisa menambahkan cita rasa pada makanan yang tawar. Cocok digunakan pada tumisan maupun makanan panggang.

(sy/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment