Polisi Sebut Keluarga Menjadi Benteng Perlindungan Anak-anak Dari Penyalahgunaan Narkotika di Jayapura

12 January 2024 - 18:30 WIB
Antaranews

Tribratanews.polri.go.id - Sentani. Polres Jayapura, Polda Papua, menyebut keluarga menjadi benteng atau perlindungan dalam menjaga anak-anak dari penyalahgunaan narkotika dan minuman beralkohol

Kapolres Jayapura, AKBP Fredrickus W.A. Maclarimboen, S.I.K., M.H., mengatakan perilaku dan tingkah laku anak berawal dari dalam rumah.

“Jadi pengawasan terhadap anak harus dimulai dari dalam keluarga sehingga dalam pergaulannya bisa tahu mana yang baik dan buruk,” ujarnya, dilansir dari Antaranews, Jumat (12/01/24).

Dalam keterangannya ia mengungkapkan permintaan untuk penutupan toko penjualan minuman beralkohol di Sentani dan Kabupaten Jayapura pada umumnya itu tergantung regulasi pemerintah daerah.

Baca Juga: Polda Riau Bentuk Tim Usut Kematian Gajah Binaan Taman Nasional yang Diduga Diracun

“Aturan dari pusat mengenai pengendalian peredaran minuman beralkohol itu tidak ada sehingga di daerah pihaknya hanya mengikuti aturan dari atas,” ujarnya.

Ia menyebutkan mengenai orang yang mengonsumsi minuman beralkohol di jalan-jalan ketika didapat anggota saat patroli pasti akan ditahan.

“Saya tegaskan dalam patroli nanti ketika anggota mendapati ada pemuda-pemuda yang mabuk di jalan-jalan akan langsung diangkut ke Polres,” jelasnya.

AKBP Fredrickus W.A. Maclarimboen, menambahkan keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) bukan menjadi tanggung jawab kepolisian, tetapi semua pihak harus terlibat.

Dalam kesempatannya, ia menerangkan pemahaman mengenai tokoh adat, masyarakat harus sama-sama bisa mengendalikan Kamtibmas dengan terus memberikan pemahaman kepada anak-anak dan adik-adik kita untuk tidak mengkonsumsi minuman beralkohol di jalan karena akan mengganggu ketertiban umum.

Dalam rangka mewujudkan pemilu damai 2024 di Kabupaten Jayapura, Polres Jayapura menggelar "Colo Sagu" dalam menjalin silaturahim Kamtibmas di Obhe Reay May Polres Jayapura.

(fa/pr/nm)

in Opini

Share this post

Sign in to leave a comment