Polisi di NTT Rela Sisihkan Gaji Demi Buka Lahan Pertanian Untuk Bantu Petani Miskin

7 March 2023 - 19:40 WIB
inews.co.id

Tribratanews.polri.go.id - NTT. Bripka Nasrul Ikhwan Ninong, anggota Polsek Lasiolat, Polres Belu, Polda NTT rela berbagi tugas menjadi seorang petani ditengah kesibukan menjadi abdi negara. Kisah ini pun begitu menginspirasi banyak orang karena kebesaran hatinya yang mulai. Apalagi, Bripka Nasrul rela membuka lahan pertanian dengan menyisihkan gajinya.

Bripka Nasrul menjelaskan, lahan seluas 2 hektare di Kecamatan Lasiolat, Kabupaten Belu, NTT ditanami semua jenis tanaman holtikultura, seperti tomat, cabe, sayur kol dan terong. Hal itu dilakukan guna membantu perekonomian masyarakat setempat yang kurang mampu.

Baca juga : Aiptu Kasdulah Sosok Polisi Peduli Pendidikan

“Saya terpanggil membuka lahan pertanian ini dari uang hasil jerih payah saya sendiri selama menjadi anggota Polri. Meski demikian, saya juga merasa bersyukur karena berkat idenya ini masyarakat sekitar mau bergabung dan berjuang bersama untuk bertani,” ungkap Bripka Nasrul, Senin (6/3/23). 

Dia mengaku, melakukan itu semua karena sebagai anggota Polisi merasa terpanggil melihat kondisi masyarakat setempat. Apalagi, di wilayah itu banyak sekali lahan kosong yang tidak bisa digarap karena keterbatasan biaya. 

“Oleh karena itu saya terpanggil membantu para masyarakat, meskipun saya harus berkoban. Namun itu bukan satu ukuran karena tujuannya biar masyarakat bisa menikmati hasil yang cukup untuk keluarga," terangnya. 

Ia menambahkan, meskipun dirinya seorang polisi yang lahir dari keluarga sederhana, namun hal tersebut tidak mematahkan semangatnya untuk membantu para masyarakat yang kurang mampu. Karena sebelum mendapatkan lahan ini, dirinya juga pernah menanam di sekitar Polsek dengan jumlah yang sedikit dan mendapatkan hasil yang bagus. 

“Makanya, saya kembali mengajak masyarakat untuk kembali menanam dalam jumlah yang banyak dan ini dari uang pribadi dan uang keluarga serta dibantu donasi dari rekanan," terangnya. 

Sementara itu, Kapolres Belu, AKBP Yoseph Krisbianto menyampaikan selamat kepada masyarakat yang sudah menerima kehadiran anggota Polisi dan mau bekerja sama untuk membuka lahan pertanian. Kegiatan ini memang mudah, namun tidak semua anggota mau berkorban seperti itu. 

“Oleh karena itu apa yang sudah dilakukan ini semoga bisa sebagai contoh kepada anggota lainya untuk mau memotivasi masyarakat sehingga bisa meningkatkan ekonomi keluarga,” tutup Kapolres.

(my/af/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment