Pesona Pagoda Tertinggi di Indonesia di Taman Alam Lumbini

24 July 2023 - 08:30 WIB
Foto: Kumparan

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Taman Alam Lumbini merupakan Taman dengan luas kawasan kurang lebih 3 hektar terletak di komplek International Buddhist Centre-Taman Alam Lumbini tepatnya di Desa Dolat Rayat, Kota Brastagi, Sumatera Utara. Taman ini dipusatkan sebagai tempat peribadatan dan wisata religi agama Budha.

Secara keseluruhan taman yang dikenal dengan nama pagoda emas ini masuk ke dalam museum rekor Indonesia sebagai pagoda tertinggi di Indonesia dan merupakan replika tertinggi kedua di Asia Tenggara. Bangunan dengan tinggi 46,8 meter, panjang 68 meter, lebar 68 meter ini menjadi salah satu replika Pagoda Shwedagon terbesar di luar Negara Myanmar. Pada Oktober 2010 silam, sekitar 1.300 biarawan dan 200 tamu undangan dari seluruh dunia datang berkumpul di taman ini untuk memperingati perayaan bangunan ini, dilansir dari Wikipedia.

Baca Juga:  Candi Jiwa, Candi Tertua di Indonesia yang Berada di Karawang

Nama Pagoda Lumbini sendiri diambil dari sebuah tempat yang berlokasi di kaki gunung Himalaya, yang dipercaya sebagai tempat Sidharta Gautama yang kelak menjadi Budha. Jika Anda berkunjung ke kawasan pagoda Lumbini di Taman Alam Lumbini, maka sejak pertama datang Anda akan disuguhi oleh kemegahan arsitektur bangunan berwarna keemasan, udara sejuk yang menjadi ciri khas Kota Berastagi juga akan menyegarkan pikiran Anda.

Syarat Berkunjung Taman Alam Lumbini Pengunjung yang ingin masuk area dalam pagoda harus melepas alas kaki serta berpakaian rapi dan sopan juga menjaga ketertiban, Selama di dalam pagoda, pengunjung tidak diperbolehkan mengambil gambar dengan kamera handphone, Selain itu, pengunjung juga tidak boleh berisik dan menghargai umat yang sedang beribadah.

(rd/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment