Pengamat Bola: PSSI Harus Potong Generasi

30 October 2022 - 09:26 WIB
Foto : Instagram.com

Tribratanews.polri.go.id - Pengamat Sepak Bola, Rossi Rahardjo mengatakan, seluruh pengurus PSSI saat ini harus diganti dengan pengurus yang baru. Ketua PSSI hingga jajaran Komite Eksekutif (Exco) PSSI harus diganti dengan sosok yang benar-benar memiliki kredibilitas dan integritas.

“Kita perlu potong generasi. Sebab sejak saya kecil, pengurusnya itu-itu saja. Orang-orangnya Nirwan Bakrie. Kemudian ganti Iwan Budianto, Haruna Soemitro, Yoyok Sukawi dan geng-gengnya. Jadi, siapa pun ketua PSSI-nya, pengurusnya tetap mereka-mereka saja. Jadi mereka harus bisa dibersihkan dari organisasi. Kemudian kita cari terbaik yang punya niat untuk maju,” ungkap Rossi

“Nah siapa orang-orang itu? Ayo kita cari bersama. Saya kira masih banyak orang-orang tulus memajukan Sepak Bola di Indonesia,” jelasnya.

Rossi mulanya menanggapi langkah PSSI yang segera mengadakan Kongres luar Biasa (KLB). KLB diadakan menanggapi rekomendasi Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan. TGIPF meminta PSSI segera mengadakan KLB untuk memilih kepengurusan baru. Dalam laporannya, TGIPF juga menilai Ketua Umum sekaligus jajaran Komite Eksekutif PSSI sepatutnya mundur sebagai bentuk pertanggung jawaban moral atas Tragedi Kanjuruhan yang telah merenggut 135 nyawa.

Namun, menurut Rossi, hasil KLB PSSI nanti hanya untuk mengganti Ketua Umum PSSI, tidak termasuk jajaran Exco PSSI. Padahal, penyakit sepak bola selama ini juga berasal dari para anggota Exco PSSI.

“Hanya saja KLB yang ada sekarang ini hanya untuk menurunkan Ketua Umum PSSI. Dari sisi kami, penyakit sepak bola itu tidak hanya di ketuanya, tetapi jajaranya pengurusnya, dari Exco PSSI,” ujar Rossi.

 “Bahkan Wakil Ketua PSSI Iwan Budianto pun adalah pemegang saham Arema sebesar 75 persen. Ini baru mencuat. Sebelumnya pemilik Arema dianggap Gilang. Engga juragan 99 itu hanya 16 persen saham. Tapi Iwan Budianto pemilik saham mayoritas,” lanjutnya.

Di samping itu, Rossi mengatakan, peristiwa Kanjuruhan juga harus menjadi pembelajaran untuk memperbaiki sistem sepak bola di Indonesia. Tidak masalah memutuskan untuk berhenti satu hingga dua tahun demi memperbaiki kualitas. Indonesia bisa belajar dari Inggris dalam menyikapi Tragedi di Stadion Heysel di Brussels, Belgia.

“Pertama kita memang harus berani untuk potong generasi. Memang perlu juga satu atau dua tahun kita benahi dahulu. Kita benahi sistem yang ada. Inggris pernah disanksi UEFA ketika suporter Liverpool rusuh tahun 1984 ketika final liga Champions. Ketika ada sanksi, Ratu Elizabeth dan Margaret Thatcher (PM Inggris waktu itu) mengatakan Inggris tidak usai keluar negeri dahulu. Jadinya, liga Inggris sekarang yang terbik di dunia,” ujar Rossi.

Setelah memotong generasi, perlu dilakukan pembenahan secara sistematis. Pembenahan bisa dilakkan dari sisi manajemen klub. “Kebetulan kemarin kami main di Liga 3 Jawa Timur. Memang masih belum sempurna. Saya dan teman-teman sudah mulai mengadopsi cara yang dilakukan klub luar negeri. Seperti kita sudah tidak melakukan kontrak pemain sekali musim. Kita berani kontrak 2 tahun dan sebagainya,” Tutupnya.

 

(ta/um)


in Opini

Share this post

Sign in to leave a comment