Pengamat Apresiasi Kinerja Aparat Keamanan di KTT ASEAN Ke-43

8 September 2023 - 17:00 WIB
Foto: Humas Polri

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kinerja Polri dan TNI dalam mempersiapkan pengamanan KTT Ke-43 ASEAN, yang berlangsung di Jakarta pada 5-7 September 2023 berjalan maksimal dan patut diapresiasi.

"Mengapresiasi kinerja Polri dan TNI yang cukup sigap dan solid sepanjang KTT ASEAN. Terlebih pada momentum ini, tidak hanya kepala negara anggota ASEAN saja yang hadir, tetapi sejumlah negara maju, seperti Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat, Kanada, China, dan sejumlah negara Pasifik lainnya," jelas Pengamat Intelijen, Pertahanan, dan Keamanan Ngasiman Djoyonegoro dilansir dari laman antaranews, Kamis (7/9/23).

Baca Juga:  KTT ASEAN Berakhir, Indonesia-Korea Selatan Gelar Pertemuan Bilateral

Kesuksesan itu, artinya bahwa persiapan Indonesia untuk pengamanan level tinggi sudah cukup mumpuni. Munculnya isu ancaman siber pada KTT ASEAN dapat diantisipasi dengan baik oleh Kepolisian. Tidak heran, ancaman siber ini muncul mengingat hampir semua kegiatan KTT berbasis digital.

Sepanjang deteksi dini dapat dilakukan maka segala ancaman dapat diantisipasi. Di samping keamanan, hal lain yang patut diapresiasi dari KTT Ke-43 ASEAN adalah keberhasilan dalam membangun kolaborasi dengan sejumlah negara di luar Asia Tenggara. Dengan mengusung tema ASEAN Epicentrum of Growth, keketuaan Indonesia telah berhasil menaikkan level peran ASEAN di tatanan global.

(bg/pr/nm)

in Opini

Share this post

Sign in to leave a comment