Kisah Bripda Indah dan ‘’Si Igor" yang Menarik Perhatian Masyarakat Cianjur

29 November 2022 - 16:48 WIB
Foto: Humas Polda Jabar

Tribratanews.polri.go.id - Cianjur. Aksi Bripka Indah anggota dari tim K9 Dit Samapta Polda Jawa Barat begitu menyita perhatian masyarakat saat melakukan pencarian korban gempa dan longsor di Cugenang Kabupaten Cianjur. Ia dengan senang hati melakukan tugasnya dalam melakukan pencarian para korban yang masih tertimbun gempa. Polisi wanita (Polwan) ini tak sendiri, karena selalu ditemani Si Igor, seekor anjing pelacak yang menemani saat melakukan pencarian.

Si Igor merupakan anjing terlatih untuk membantu tugas pokok kepolisian khususnya Polda Jabar. Beberapa prestasi pun pernah ia torehkan diantaranya pengamanan unjuk rasa berskala besar, jaringan narkoba serta pencarian korban bencana alam. Saat melakukan pencarian korban bencana alam, Si Igor terlihat setia mendampingi perwira yang mengikuti pendidikan Polwan pada tahun 2018.

Baca Juga: TIM SAR dan K9 Terus Lakukan Pencarian dan Evakuasi Korban Gempa Cianjur

Kemudian Bripka Indah ditugaskan sebagai anggota Dit Sabhara Polda Jabar. Tak lama berselang, Bripka Indah mengajukan diri untuk menjadi pelatih anjing pelacak yang dimiliki boleh Dit Samapta Polda Jabar.

Ia mengatakan, proses pencarian jenazah sering diharapkan dengan gangguan alam, seperti terjadinya gempa susulan yang berskala kecil ditambah cuaca yang tidak menentu. Namun Bripka Indah tak menyerah dengan terus melakukan tugasnya dengan penuh rasa tanggung jawab.

Sementara Si Igor, anjing pelacak super heroik pertama kali diadopsi oleh Dit Samapta Polda Jabar saat masih berusia 2 tahun. Saat itu, anjing ini dititipkan oleh grup tempat pelatihan anjing yang bernama AK9. Adapun suplai makanan yang diberikan kepada hewan tersebut ialah daging ayam yang telah dimasak serta asupan vitamin seperti Body fat, K9 power Super dll. Selain itu, untuk melatih ketangkasan Si Igor kerap diajak bermain petak umpet untuk memperkuat insting penciuman bau tubuh manusia.

(rb/my/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment