Kepala BNPT Ajak Masyarakat Ciptakan Pesta Demokrasi 2024 yang Kondusif

21 January 2023 - 15:49 WIB
Antaranews

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Untuk menciptakan Pemilu 2024 yang aman, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengajak masyarakat di Tanah Air untuk saling menghargai sehingga tercipta suasana kondusif, dan tanpa adanya provokatif.

"BNPT mendukung iklim demokrasi yang toleransi tanpa harus terjadinya polarisasi yang mengarah pada hal-hal negatif," ujar Kepala BNPT, Komjen. Pol. Dr. Boy Rafli Amar, M.H., dikutip dari Antaranews.com, Jumat (20/1/23).

Baca juga :Jaga Netralitas Pemilu, Kemenkumham Gandeng Polri dan TNI Beri Penguatan ASN di Sulsel

Sesuai tugas pokok dan fungsinya, BNPT akan lebih fokus kepada upaya koordinasi dan kerja sama, termasuk menyelenggarakan forum serta dialog publik. Hal ini bertujuan agar masyarakat mendapatkan informasi positif sehingga pesta demokrasi berjalan dengan baik.

"Harapannya indeks demokrasi kita akan semakin membaik dan partisipasi publik kian baik serta tersedianya ruang atau terpenuhinya hak politik masyarakat," ujar mantan Wakalemdiklat Polri tersebut.

Apabila upaya tersebut bisa dijalankan dengan baik, BNPT meyakini tidak akan ada intimidasi ataupun hal-hal yang bersifat diskriminasi. Harapannya, indeks demokrasi di Indonesia dapat terus membaik.

Lebih lanjut, Kepala BNPT mengatakan bahwa pihaknya juga telah memetakan individu-individu yang dinilai masih berstatus merah untuk diawasi lebih, terutama agar tidak menimbulkan masalah saat pesta demokrasi lima tahunan berlangsung.

(sy/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment