Kekompakan dan Kolaborasi TNI-Polri Wujud Jaminan Keamanan KTT G20

11 November 2022 - 11:37 WIB
Foto : Ilustrasi jabat tangan. (Pixabay)

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Tak terasa sepekan lagi penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022 segera digelar. G20 atau Group of Twenty adalah sebuah forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia terdiri dari 19 negara dan satu lembaga Uni Eropa.

Anggota G20 terdiri dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa.

Lebih dari 6500 orang dari 26 negara akan menghadiri event besar dunia ini di Bali. Menjadi sebuah kehormatan bagi Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun ini. Oleh karena itu aspek keamanan dan kenyamanan sesuatu yang tidak dapat ditawar harus menjadi prioritas utama sebagai tuan rumah.

Baca juga : Jelang KTT G20, Pengamanan di Bandara Soekarno-Hatta Ditingkatkan 

Di sinilah peran Polri bersama TNI menurut Dr. Subkhi Ridho (Analis Keamanan Publik) akan menjadi sorotan, Saat ini Indonesia salah satu kekuatan ekonomi terbesar kesepuluh di dunia dalam hal paritas daya beli (IMF 2022).

Indonesia juga telah meraih capaian luar biasa dalam pengurangan kemiskinan dengan menurunkan lebih dari separuh angka kemiskinan sejak tahun 1999 menjadi di bawah 10 persen pada tahun 2019 sebelum pandemi COVID-19 melanda (World Bank, 2022).

Terlebih bagi Bali, Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali Ida Bagus Agung Partha Adnyana menyatakan bahwa KTT G20 memberikan manfaatkan 1,5-2 kali lebih besar secara agregat dibandingkan penyelenggaraan Annual Meeting IMF (International Monetary Fund) World Bank di Bali pada 2018, sebuah manfaat yang sangat diperlukan pasca pademi Covid-19.

“Salah satu contoh dampak positif dari banyak kegiatan menjelang KTT adalah meningkatnya tingkat hunian hotel-hotel di kawasan pelaksanaan kegiatan dan sekitarnya,” ungkap Adnyana.

(ta/ /hn/um)

in Opini

Share this post

Sign in to leave a comment